Mampu Sembuhkan Luka, Peneliti Manfaatkan Teknologi Nanochip Terbaru

Mampu Sembuhkan Luka, Peneliti Manfaatkan Teknologi Nanochip Terbaru

(Foto: Sciencealert)

COLUMBUS - Bayangkan kulit terasa gatal akibat luka dapat diatasi dengan perangkat listrik dan dapat menyembuhkan luka hanya dalam beberapa hari, serta dapat mengganti organ yang rusak. Ini adalah sebuah janji dari sebuah teknologi nanochip terbaru yang dapat memprogram ulang sel untuk menggantikan sel lainnya.

Perangkat tersebut dinamakan Tissue Nanotransfection (TNT), saat ini baru hanya diuji pada tikus dan babi saja. Ini merupakan tanda-tanda awal untuk memperbaiki luka pada tubuh dengan cepat.

Dilansir dari Sciencealert.com, Rabu (9/8/2017), perangkat prototipe yang dikembangkan oleh sebuah tim di Ohio State University ini menggunakan medan listrik yang kuat untuk menghantarkan gen tertentu ke jaringan di bawahnya. Gen tersebut akan menciptakan jenis sel baru yang dapat digunakan oleh tubuh di daerah yang membutuhkan.

"Dengan menggunakan teknologi nanochip baru kami, organ yang luka atau terganggu dapat diganti," ungkap salah satu pemimpin studi Chandan Sen. Selama tes hewan, peneliti dapat menggunakan TNT untuk memprogram ulang sel kulit di bagian luar kaki yang cedera.

Dalam seminggu, pembuluh darah aktif muncul pada bagian kaki yang luka tersebut, dan pada minggu kedua luka pada kaki tersebut sembuh. Terlebih lagi, sel-sel saraf yang dihasilkan di laboratorium menggunakan teknik yang sama juga berhasil digunakan untuk menyembuhkan tikus yang stroke.

Ilmuwan lain sudah menyelidiki cara bagaimana memprogram kembali sel untuk memperbaiki tubuh. Namun yang membuat teknik ini menonjol adalah bahwa ia menggunakan perantara biasa dan dapat menciptakan sel induk pluripoten, sel yang dapat berubah menjadi jenis sel lainnya.

Chip tersebut mendapat kejutan dengan muatan listrik yang tidak berbahaya untuk tubuh. Menurut para peneliti dibutuhkan waktu kurang dari sedetik untuk menerapkanya. "Konsep yang digunakan sangat sederhana. Sebenarnya, kami bahkan terkejut bagaimana cara kerjanya yang mudah dan sangat baik," ungkap salah satu peneliti, L. James Lee.

(ahl)

Baca Juga

TOP TECHNO: Alien Berpotensi Temukan Bumi Gara-Gara Peta NASA hingga <i>Microgrid</i> Bakal Dukung Koloni Mars

TOP TECHNO: Alien Berpotensi Temukan Bumi Gara-Gara Peta NASA hingga Microgrid Bakal Dukung Koloni Mars