Sah! Presiden Jokowi Resmikan Perpres Roadmap e-Commerce

Sah! Presiden Jokowi Resmikan Perpres Roadmap e-Commerce

(Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Peta jalan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik (SNPBE atau roadmap e-commerce) telah lama diterbitkan sejak tahun lalu. Kini Peraturan Presiden (Perpres) terkait roadmap e-commerce tersebut resmi diundangkan setelah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Alhamdulillah sudah diundangkan,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, dalam keterangannya kepada Okezone, Kamis (10/8/2017).

Roadmap e-commerce tersebut tercantum dalam Perpres Nomor 74 Tahun 2017. Kebijakan ini akan turut membantu pemerintah mencapai tujuan sebagai negara digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara dalam empat tahun ke depan.

“Ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam mendorong pencapaian ekonomi digital senilai USD130 miliar pada tahun 2020. Menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara,” terangnya.

Roadmap e-commerce merupakan kumpulan program yang komprehensif yang dirancang oleh berbagai lembaga pemerintah serta pelaku e-commerce di Tanah Air. Dijelaskan menteri yang kerap disapa RA tersebut, peta jalan itu sudah saatnya direalisasikan setelah resmi diundangkan.

Selanjutnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan pertemuan dengan berbagai lembaga pemerintah terkait dan pelaku e-commerce untuk berkoordinasi terkait realisasi dari roadmap e-commerce. Meski begitu, Plt Biro Humas Kominfo, Noor Iza, mengatakan bahwa pelaksanaan dari roadmap e-commerce yang telah diundangkan tak perlu menunggu pertemuan tersebut.

“Harusnya ada (rencana pertemuan) tapi belum dijadwalkan. Intinya kita on going pelaksanaan, tidak harus menunggu pertemuan itu,” kata Noor Iza kepada Okezone.

Dalam dokumen Perpres itu, tercantum bahwa peta jalan SNPBE mencakup program pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, pendidikan dan SDM, infrastruktur komunikasi, logistik, keamanan siber, dan pembentukan manajemen pelaksana roadmap e-commerce tersebut. Selain itu, peta jalan SNPBE menyasar para pemangku kepentingan untuk mempercepat pertumbuhan e-commerce di Tanah Air.

(kem)

Baca Juga

<i>Waduh</i>! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar

Waduh! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar