Semangat! Peringatan Hakteknas 2017 Jadi Trending Topic, #GelorakanInovasi Menggema di Twitter

Semangat! Peringatan Hakteknas 2017 Jadi Trending Topic, #GelorakanInovasi Menggema di Twitter

(Foto/Ilustrasi: Twitter @Kemristekdikti)

JAKARTA – Tepat pada hari ini, yakni 10 Agustus 2017, merupakan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22. Makassar menjadi tuan rumah dalam memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2017 atau biasa disingkat dengan HAKTEKNAS 2017. Rangkaian kegiatan HAKTEKNAS 2017 akan berada di titik pusat atau centre point of Indonesia (CPI), Makassar.

Tujuan diperingatinya HAKTEKNAS adalah menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta untuk memberi dorongan kepada mereka untuk terus-menerus membangkitkan daya inovasi dan kreasi guna kesejahteraan dan peradaban di Indonesia.

Peringatan HAKTEKNAS ini merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi, yang bermula dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung. Setelah 22 tahun sejak terbangnya N250, semangat dan jiwa kebangkitan teknologi diterapkan pada bidang yang berkaitan dengan iptek dan inovasi. Karena hal itulah, perayaan HAKTEKNAS setiap tahun akan memiliki tema dan subtema yang berbeda yang relevan dengan tuntutan masyarakat tentang kiprah iptek dan inovasi.

HAKTEKNAS ke-22 yang akan diselenggarakan di Kota Makassar ini akan mengusung tema ‘Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan’ dan masih menggunakan semangat yang sama yakni menggelorakan inovasi dalam bidang teknologi.

Makassar yang menjadi tuan rumah HAKTEKNAS ini dipilih oleh Kemeterian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia. Selain itu, Makassar juga merupakan salah satu kota yang menjadi poros maritim Indonesia yang sudah dikenal sejak dahulu kala.

Dilaporkan, acara puncak ini juga akan dihadiri oleh dua tokoh bangsa Indonesia, yakni Presiden Ke-3 Republik Indonesia B.J Habibie dan Presiden Republik Indonesia saat ini Joko Widodo (Jokowi). Kehadiran keduanya adalah untuk menjadi saksi dari peluncuran Kapal Pelat Datar yang merupakan hasil karya anak bangsa dari universitas di Indonesia.

Hashtag #GelorakanInovasi yang menjadi tagline Hari Kebangkitan Teknologi Nasional kini tengah menggema di Twitter dan telah menjadi salah satu trending topic di situs media sosial dengan ikon burung tersebut. (flx)

(kem)

Baca Juga

Unik! CEO Instagram Sambut Gerhana Matahari Total dengan Stiker Lucu

Unik! CEO Instagram Sambut Gerhana Matahari Total dengan Stiker Lucu