OKEZONE INNOVATION: Mimpi Indonesia Miliki Pesawat Buatan Negeri Melalui N-250

OKEZONE INNOVATION: Mimpi Indonesia Miliki Pesawat Buatan Negeri Melalui N-250

Foto: Dok. Wikipedia

JAKARTA – Indonesia patut berbangga, pasalnya di tangan seorang Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang sering disapa BJ Habibie, Indonesia bisa menciptakan pesawat terbang sendiri. Pesawat yang diberi nama N-250 Gatotkaca ini akhirnya melakukan penerbangan perdana pada 10 Agustus 1995.

 

Baca juga: OKEZONE INNOVATION: Mengenal Asisten Digital di Smartphone

Pesawat N-250 adalah sebuah pesawat sipil regional yang dirancang oleh IPTN atau yang sekarang dikenal dengan PT Dirgantara Indonesia, PT DI, Indonesia Aerospac. Penggunaan ‘N’ sendiri memiliki arti yakni Nusantara. Hal tersebut menunjukkan bahwa desain, produksi, serta perhitungannya dilakukan di Indonesia bahkan Nurtanio. Pesawat ini juga merupakan hadiah istimewa yang dipersembahkan kepada Republik Indonesia, yang pada sepekan kemudian akan merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-50. Demikian seperti dinukil dari berbagai laman oleh Okezone.

Nurtanio sendiri merupakan sebuah industri penerbangan yang dirilis di Indonesia. Bahkan disebut sebagai industri pesawat terbang pertama yang ada di Asia Tenggara. Ini merupakan pesawat primadona IPTN yang bisa merebut pasar pada kelas 50 hingga 70 penumpang.

Baca juga: OKEZONE INNOVATION: Keren! Eskalator Berawal dari Ide Tangga Gulir di Tahun 1859

Sayangnya, pesawat tersebut harus dihentikan karena adanya krisis ekonomi. Namun, BJ Habibie juga berencana untuk membangun kembali pesawat N-250 tersebut usai mendapatkan persetujuan dari Presiden Republik Indonesia, yang kala itu adalah Susilo Bambang Yudhoyono. Pesawat ini menggunakan mesin turboprop 2439 KW dari Alison AE 2100 C yang dibuat oleh perusahaan Alison. Pesawat yang memiliki balik enam bilah ini sanggup terbang dengan kecepatan maksimal 610 km per jam. Pesawat ini juga pernah menjadi bintang dalam pameran di Indonesia Air Show pada 1996 di Cengkareng.

Presiden Republik ke-2 Indonesia, Soeharto, kala itu mengatakan bahwa pesawat N-250 adalah produk andalan dari PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Hal tersebut terasa istimewa karena pesawat tersebut sepenuhnya dibuat oleh putra-putri Indonesia.

Baca juga: OKEZONE INNOVATION: Mengingat Kembali “Nenek Moyang” Kereta Api yang Kini Jadi Transportasi Antik

Rencana dalam pengembangan pesawat N-250 ini sendiri pertama kali diungkap oleh PT IPTN pada Paris Air Show 1989. Pembuatan prototipe pesawat ini menggunakan teknologi fly by wire, di mana pertama kali di dunia dimulai pada 1992. (afr)

(kem)

Baca Juga

<i>Waduh</i>! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar

Waduh! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar