Terungkap! Diam-Diam Amazon Sokong Startup Bapak Android

Terungkap! Diam-Diam Amazon Sokong Startup Bapak Android

(Foto: Twitter)

CALIFORNIA – Setelah cukup lama smartphone-nya dalam nasib yang tak jelas, Essential, tampaknya bersiap untuk mengungkap lebih banyak terkait perangkat perdananya itu. Yang menarik, kini startup besutan Bapak Android, Andy Rubin, itu memiliki pendukung baru yakni Amazon.

Dalam sebuah tweet yang di-posting pada Rabu 9 Agustus 2017 waktu setempat, Rubin mengatakan bahwa perusahaannya ‘memproduksi massal’ smartphone beserta tambahan informasi bahwa perangkat itu akan tersedia pekan depan. Tak hanya itu, Rubin juga memamerkan gambar proses produksi perangkat perdananya tersebut.

Essential merancang smartphone-nya untuk bersaing dengan iPhone milik Apple serta Samsung Galaxy S8 yang belum lama ini dirilis.

Baca: Lama Bungkam, Nih Penjelasan Bapak Android soal Essential

Sebelumnya, Essential mengumumkan telah menutup USD300 juta putaran pendaan dan mengungkapkan investornya. Jumlah tersebut tak begitu mengejutkan karena dikumpulkan sejak beberapa bulan lalu, namun Amazon yang turut bergabung menjadi investor menjadi poin yang menarik.

Selain smartphone-nya, Essential juga berencana untuk merilis speaker pintar pada akhir 2017. Meski menjadi salah satu investor, perangkat tersebut akan menyaingi Amazon Echo, Google Home, serta Apple HomePod yang akan dirilis beberapa waktu mendatang.

Andy Rubin, founder dan CEO Essential mengatakan bahwa speaker yang disebut Essential Home, akan dirancang untuk berinteraksi dengan berbagai ekosistem rumah pintar, dan pemiliknya dapat menggunakan asisten virtual Alexa Amazon atau pesaingnya, untuk mengendalikannya.

Baca juga: Saingi Mi Mix, Smartphone Essential Siap Mendarat?

Dalam sebuah pernyataan, Director of Corporate Development di Amazon Alexa Fund Paul Bernard mengatakan bahwa perusahaan telah menantikan kolaborasi dengan Essential.


“Produk Essential memiliki visi dan peta jalan (roadmap) yang menarik untuk menghubungkan perangkat yang mengintegrasikan teknologi suara dengan cara baru,” kata Bernard dalam pernyataan itu.

“Kami sangat antusias untuk melihat Alexa menjadi bagian dari visi kami, yang berinteraksi dengan teknologi sederhana, membantu, dan menciptakan antarmuka yang dapat dikembangkan dan diinovasi orang lain,” terangnya.

Baca juga: Ya Ampun! Dalam Sebulan Essential Ditinggal Tiga Eksekutifnya

Selain Amazon, investor Essential termasuk perusahaan internet Tencent, raksasa manufaktur Taiwan – Foxconn, Future Fund, Playground – startup inkubator Andy Rubin, perusahaan modal ventura Redpoint, investor teknologi Vy Capital, serta Altimeter Capital.

Sekedar informasi, Essential merupakan perusahaan Rubin sejak dirinya memutuskan untukmeninggalkan Google pada tahun 2014. Meski belum meluncurkan produk, perusahaan bapak Android itu telah menuai kekacauan dengan resign-nya beberapa eksekutif utama perusahaan dalam beberapa bulan terkahir. Demikian seperti dilansir Business Insider, Kamis (10/8/2017).

(kem)

Baca Juga

<i>Waduh</i>! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar

Waduh! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar