Tepuk Tangan! Pembayaran via WhatsApp Segera Mendarat

Tepuk Tangan! Pembayaran via WhatsApp Segera Mendarat

(Foto: Reuters)

MENLO PARK – WhatsApp tengah mengerjakan tambahan fitur yang tak hanya berkutat dengan pesan instannya. Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu dikabarkan sedang merancang fitur pembayaran via United Payments Interface (UPI) melaui aplikasinya.

Fitur pembayaran dalam aplikasi tersebut bahkan kabarnya akan segera digulirkan. Aplikasi WhasApp Android versi beta saat ini mencakup preview untuk fitur pembayaran UPI, meski tak begitu diungkap.

Menurut blog WhatsApp, WhatsApp versi beta 2.17.295, memiliki fitur integrasi UPI. Menurut blog tersebut, halaman WhatsApp Payment bertuliskan ‘Bank langsung untuk transfer bank dengan UPI’.

Pengguna harus memanfaatkan ketentuan dan melanjutkan yang menunya tersedia di bagian bawah tab untuk menerima Persyaratan dan Kebijakan WhatsApp Payment serta Persyaratan Bank dan Kebijakan Privasi.

Kabar tambahan fitur ini ‘tersembunyi dan dalam pengembangan’, sehingga meskipun Anda memiliki versi beta dari WhatsApp, Anda mungkin tak akan melihat fitur tersebut.

Sebelumnya, laporan PTI telah mengindikasikan bahwa WhatsApp kemungkinan akan mendapatkan integrasi UPI sebelum Messenger Facebook. PTI mengutip CEO & MD National Payments Corporation of India (NPCI), AP Hota yang mengungkapkan tentang perusahaan yang tengah mengerjakan integrasi UPI di India.

“Sejauh ini terkait WhatsApp diskusi telah dimulai... Untuk Facebook, diskusi tengah dalam tahap awal,” kata Hota kepada PTI.

Google kemungkinan akan menjadi yang pertama menambahkan pembayaran UPI di India, mengingat pembicaraan mengenai hal tersebut selesai dan tinggal menunggu persetujuan RBI.

Sebelumnya, The Ken melaporkan bahwa WhatsApp berencana untuk meluncurkan pembayaran mobile dalam enam bulan ke depan. Sementara itu, Facebook Messenger telah memiliki pembayaran peer-to-peer yang diperkenalkan pada 2015, meskipun hanya terbatas di AS.

UPI memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang dengan hanya mengetahui alamat UPI pengguna atau melalui VPA (Virtual Payment Address).  UPI mampu melakukan transfer tanpa harus mengandalkan nomor rekening, kode IFSC, atau lainnya.

Pengguna hanya dapat membagikan VPA mereka dengan teman atau rekan bisnisnya saja. Kabar WhatApp Payment tentu menjadi kabar baik yang akan mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi melalui aplikasi yang banyak terpasang di berbagai smartphone. Demikian seperti dilansir Indian Express, Jumat (11/8/2017). (Lnm).

(kem)

Baca Juga

<i>Waduh</i>! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar

Waduh! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar