Wow! Ini Fosil Mamalia Pertama yang Bisa Terbang Berusia 160 Juta Tahun

Wow! Ini Fosil Mamalia Pertama yang Bisa Terbang Berusia 160 Juta Tahun

(Foto: Sciencedaily)

BEIJING - Sepasang fosil mamalia yang berusia 160 juta tahun ditemukan di China menunjukkan bahwa nenek moyang mamalia pada periode Jurasik berkembang untuk dapat terbang dan tinggal di pepohonan.

Penemuan baru ini menunjukkan bahwa cara hidup hewan terbang berkembang di antara nenek moyang mamalia 100 juta tahun lebih awal dari kebanyakan keluarga mamalia modern.

Dilansir dari Sciencedaily.com, Kamis (10/8/2017), fosil tersebut digambarkan dalam 2 makalah yang diterbitkan di jurnal Nature oleh tim ilmuwan internasional dari University of Chicago dan Museum Sejarah Alam Beijing.

"Mamalia jurasik ini merupakan mamalia pertama yang bisa terbang," ungkap Zhe-Xi Luo, seorang profesor biologi dan anatomi di University of Chicago.

Kedua spesies tersebut adalah Maiopatagium furculiferum dan Vilevolodon diplomylos yang disebut sebagai mammaliaformes atau keluarga mamalia. Mereka termasuk dalam kelompok kuno berbulu yang melahirkan mamalia modern. Lebih tepatnya, kedua spesies tersebut adalah contoh Haramiyidans, cabang mammaliaformes herbivora yang punah sekira 40 juta tahun yang lalu.

Kedua fosil menunjukkan membran kulit mirip sayap yang indah seperti sayap depan dan belakang. Mereka juga menunjukkan banyak ciri kerangka pada sendi bahu dan forelimbs yang memberi hewan purba kelincahan untuk menjadi penerbang yang handal.

"Sangat menakjubkan bahwa adaptasi udara terjadi begitu awal dalam sejarah mamalia," ungkap rekan penulis studi David Grossnickle, seorang mahasiswa pascasarjana di University of Chicago. Ia juga mengatakan bahwa fosil tersebut memiliki proporsi anggota badan, kaki dan tangan yang baik dan juga bisa menunjukkan gerakan dan perilaku penerbang yang baru.

Fosil ini juga merupakan fosil mamalia pertama yang bersayap dan mereka menunjukkan bahwa mamalia awal memang memiliki keragaman ekologi yang luas. Artinya dinosaurus kemungkinan tidak mendominasi pada masa Mesozoik seperti yang diperkirakan sebelumnya.

(ahl)

Baca Juga

TOP TECHNO: Alien Berpotensi Temukan Bumi Gara-Gara Peta NASA hingga <i>Microgrid</i> Bakal Dukung Koloni Mars

TOP TECHNO: Alien Berpotensi Temukan Bumi Gara-Gara Peta NASA hingga Microgrid Bakal Dukung Koloni Mars