'Kampus Luar Angkasa' Apple Dikeluhkan Karyawan, Kok Bisa?

'Kampus Luar Angkasa' Apple Dikeluhkan Karyawan, Kok Bisa?

(Foto: Techspot)

CUPERTINO – Pembangunan Apple Park yang juga dikenal sebagai Apple Spaceship atau ‘Kampus Luar Angkasa’ Apple sebagian besar telah rampung. Meski begitu, gedung megah ini tak dijadwalkan selesai hingga akhir 2017.

Apple sebenarnya sudah mulai memindahkan karyawan ke fasilitas barunya. Perusahaan yang kini dipimpin Tim Cook itu mengharapkan lebih dari 12.000 karyawannya menetap di fasilitas barunya sebelum akhir tahun.

Beberapa karyawan raksasa teknologi itu mungkin menikmati kantor barunya. Namun sebagian orang merasa kesal dengan tata letak ruang kerja yang disuguhkan Apple kepada karyawannya.

Apple memutuskan untuk merancang Apple Park bagi karyawan dalam konsep lingkungan kerja terbuka. Karyawan akan duduk bersama di meja besar, bukan di bilik atau ruangan.

Bloomberg melaporkan bahwa niatan Apple mengusung konsep tersebut untuk mendorong kolaborasi antar-timnya. Namun, ada karyawan yang merasa tak memiliki ruangan sendiri dan terganggu dengan konsep terbuka seperti yang diusung perusahaanya.

Beberapa eksekutif bahkan tampaknya tak senang dengan konsep tersebut. John Gruber, pembawa acara ‘The Talk Show’ Daring Fireball, mengklaim bahwa Wakil Presiden Teknologi Hardware Apple, Johny Srouji, terus-menerus mengucapkan kata-kata kasar saat melihat rencana untuk area kerjanya di Apple Park.

“Ketika Srouji ditunjukkan denahnya, dia kurang lebih hanya mengatakan kata kasar. Dan mereka membangun timnya di gedung mereka sendiri, di samping gedung itu... Pemahaman saya adalah bahwa bangunan itu dibangun yang membuat Srouji tak menyukainya dan mengatakan  bahwa timnya tak bisa bekerja dengan konsep seperti itu,” ujarnya.

Diakui Gruber, dirinya memang mendengar hal tersebut dari pihak ketiga dan tidak memiliki cara untuk mengonfirmasi, tapi mengatakan bahwa hal tersebut benar ia dengar. Orang yang bekerja seperti itu memang lebih menyukai kantor yang memiliki bilik sehingga bebas dari gangguan.

“Mereka tidak ingin melihat dari pandangan mereka setiap kali seseorang berjalan di samping meja mereka,” katanya.

Srouji dan timnya bukanlah satu-satunya yang dikecualikan dari karyawan yang menerima konsep terbuka. Wakil Presiden Senior Software dan Internet Service, Eddy Cue dan krunya akan mengambil alih kantor di luar kampus Apple, di Infinite Loop.

Selain itu, banyak eksekutif perusahaan termasuk Tim Cook yang akan memiliki kantor pribadi di lantai empat markas baru Apple tersebut. Demikian seperti dilansir Techspot, Jumat (11/8/2017). (Lnm).

(kem)

Baca Juga

<i>Waduh</i>! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar

Waduh! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar