Wow! Masih 17 Tahun, Remaja Ini Juara Kompetisi Excel Tingkat Dunia

Wow! Masih 17 Tahun, Remaja Ini Juara Kompetisi Excel Tingkat Dunia

(Foto: Wset)

CALIFORNIA - Nama John Dumoulin berkibar setelah ia memenangkan kompetisi mengoperasikan software Office besutan Microsoft. Dumoulin masih berusia 17 tahun dari salah satu SMA di Virginia Utara, Amerika Serikat.

Dilansir Fortune, Jumat (11/8/2017), Dumoulin berkompetisi dalam perhelatan Microsoft Office Specialist World Championship (divisi Excel) di Anaheim, Calif pada awal bulan ini yang digelar setiap tahun dan kini masuk tahun ke-16.

Certiport, anak perusahaan Pearson untuk program pengujian dan sertifikasi tempat kerja, mengumumkan pemenang kategori Excel, Word, dan PowerPoint pada hari Senin. Dumoulin keluar sebagai pemenang sebagai orang Amerika Serikat pertama yang memenangkan hadiah teratas untuk kategori Excel sejak kontes itu digelar pada 2001.

Dumoulin, remaja asal Negeri Paman Sam itu membawa USD7.000 atau sekira Rp93,1 juta. Ia juga mendapatkan USD3.000 yang didapat dari hadiah final sebelumnya pada awal tahun ini.

Kontes ini menarik minat sebanyak 560 ribu peserta di seluruh dunia. Setelah pengujian awal yang diikuti peserta akhir di tingkat regional dan nasional, sekira 157 berkompetisi di Anaheim pada awal bulan ini.

Untuk final, kontestan berusia 13 sampai 22 tahun, mereka diberikan satu set tugas dan parameter. Siapa yang dapat menciptakan spreadsheet paling akurat dalam waktu tercepat bisa membawa pulang hadiah utama.

Dumoulin tertarik dengan software Excel sejak ia mengenyam pendidikan di sekolah menengah dan memakainya untuk proyek sains. Ia juga menggunakan program itu untuk melacak statistik baseball Los Angeles Dodgers dan Washington Nationals.

Keahliannya memang sudah teruji karena beberapa tahun lalu ia mengikuti tes sertifikasi Certiport Excel dan mendapatkan skor tertinggi. Ia juga terbiasa karena di sekolahnya menggunakan software Microsoft.

Ia mengetahui Google Sheets, namun lebih menyukai Excel. Dirinya tampak begitu tertarik dengan Excel dan belum pernah mendengar bahwa dahulu sempat populer software serupa, yakni program spreadsheet IBM, Lotus 1-2-3.

(ahl)

Baca Juga

<i>Waduh</i>! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar

Waduh! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar