Unik! Nih Cara Google Rayakan Ulang Tahun Musik Hip Hop!

Unik! Nih Cara Google Rayakan Ulang Tahun Musik Hip Hop!

Foto : Screenshot

JAKARTA – Ada yang berbeda ketika hari ini Anda membuka mesin pencarian Google, Jumat (11/8/2017). Ya, saat ini Google Doodle tengah merayakan ulang tahun ke-44 musik bergenre Hip Hop! di seluruh dunia.

Jika Doodle tersebut diklik, Anda akan dibawa ke halaman pertama yakni Google memberi tahu bahwa hari ini adalah perayaan ulang tahun hip hop Selanjutnya, laman akan otomatis mengarah ke laman yang terdapat piringan pemutar musik. Anda bisa membuat musik pilihan Anda sendiri, Google juga menyediakan berbagai musik hip hop era 80-an.

Hip hop adalah gerakan subkultur dan seni yang dikembangkan oleh African-Americans & Puerto Rico dari Bronx, New York City pada akhir 1973-an. tempat pertama kali hip hop digelar adalah 1520 Sedgwick Avenue.

Pada 1520 Sedgwick Avenue, sampel campuran imigran Jamaika DJ Kool Herc dari rekaman yang ada dan perkusi deejayed, mencampuradukkan musik ini dengan pemanggangan bergaya Jamaika-nya sendiri. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kerumunan dan penari.

Kool Herc dinobatkan sebagai ‘bapak’ dari hip hop untuk mengembangkan teknik DJ Key, di mana di dalamnya terdapat ketukan dan lagu yang menekankan pola perkusi.

Sementara orang yang tidak terbiasa dengan budaya tersebut, sering menggunakan ungkapan hip hop untuk merujuk secara eksklusif pada musik hip hop atau juga disebut rap hip hop.

Budaya hip hop telah menyebar ke komunitas perkotaan dan pinggiran kota di seluruh Amerika Serikat dan kemudian dunia. Unsur-unsur ini diadaptasi dan dikembangkan secara signifikan, terutama saat bentuk seni menyebar ke benua baru dan digabungkan dengan gaya lokal pada 1990-an dan dekade berikutnya.

Bahkan saat gerakan tersebut terus berkembang secara global dan mengeksplorasi berbagai gaya dan bentuk seni, termasuk film Hip Hop. musik ini merupakan fenomena baru dan lama, pentingnya sampling trek, ketukan, dan garis bass dari rekaman lama ke bentuk seni yang berarti bahwa sebagian besar budaya telah berputar seputar gagasan untuk memperbarui rekaman, sikap, dan pengalaman klasik untuk masyarakat modern.

Merambah ke Indonesia, pada pesta yang digelar di 1520 Sedwick Avenue tersebut tedapat tarian yang disebut breakdance atau juga yang dikenal dengan tari kejang di Indonesia. Karena itu, gerakan tari kejang disebut salah satu unsur dari musik hip hop.

Hingga kini musik hip hop masih banyak diminati di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. (cit)

(kem)

Baca Juga

Facebook Uji Fitur Anyar yang Disesuaikan Minat Pengguna, seperti Apa?

Facebook Uji Fitur Anyar yang Disesuaikan Minat Pengguna, seperti Apa?