Ekspansi! Kantongi Izin, Google Siap Bangun Markas di Inggris

Ekspansi! Kantongi Izin, Google Siap Bangun Markas di Inggris

(Foto: Google)

LONDON – Rencana Google untuk membangun markas besarnya di Inggris membuahkan hasil. Google telah mendapatkan persetujuan untuk membangun kantor barunya. Markas tersebut akan dibangun di samping kantor perusahaan teknologi tersebut yang berada di Distrik King's Cross, London.

Dilansir Bloomberg, Jumat (11/8/2017), proyek itu dikatakan dapat menampung hingga 5.000 pekerja, dan telah disetujui oleh anggota dewan wilayah tersebut. Bangunan itu akan lebih panjang dari bangunan tertinggi Shard –gedung tertinggi di Uni Eropa– dan konstruksinya akan dimulai tahun depan.

Baca: Menilik Megahnya Markas Anyar Google di London

Proposal yang diajukan oleh Google Inggris dan pengembangnya ke Camden Council pada Juni, termasuk sebuah taman dan ‘Trim Trail’ sepanjang 200 meter di atapnya, kolam renang tiga jalur, ruang pijat, dan studio olahraga.

Selain itu, ada juga arena permainan untuk basket, sepakbola, atau bulu tangkis. Rencana tersebut mengganti desain sebelumnya untuk tempat di sebelah Stasiun Kereta King's Cross yang sebelumnya disetujui pada 2013.

Google Alphabet saat ini mempekerjakan sekira 4.000 staf di Inggris, yang mayoritas berada di dekat lokasi markas barunya tersebut.

Markas raksasa teknologi itu dirancang oleh desainer kenamaan dari Bjrake Ingels Group dan Heatherwick Studios, yang akan dibangun di atas lahan seluas 92.000 meter persegi. Bangunan ini terbentuk dari tiga bagian komponen yang dikenal sebagai roofplane, workspace, dan ground plane.

Sementara itu, Google menempatkan taman dan hutan yang terbelah di beberapa lantai dan bertempat di sekira tiga wilayah di atap, yakni dataran tinggi, taman, dan ladang yang ditanami stroberi, gooseberry, dan sage.

Baca juga: Menjelajah Kantor Google di California, Surganya Para Pekerja Penghasil Aplikasi Teknologi

Sebagai upaya untuk membuat bangunan tersebut seaman mungkin, para perancang juga mempertimbangkan panel surya dengan output tahunan sebesar 19.800 kwh, teknologi pemanenan air hujan, dan fasilitas pengelolaan limbah di ruang bawah tanah.


Di sisi selatan bangunan, Google akan memasang kayu mullions yang bisa berputar 180 derajat, agar meminimalkan silau pada layar staf saat matahari bergerak melintasi langit. Tak hanya itu, Google juga akan menambahkan empat kafe yang terletak terpisah agar karyawannya tak merasa bosan di kantor. (Lnm).

(kem)

Baca Juga

<i>Waduh</i>! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar

Waduh! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar