OKEZONE INNOVATION: Wuiih.. Cikal Bakal Terciptanya AC, Berawal dari Mesin Pembuat Es

OKEZONE INNOVATION: Wuiih.. Cikal Bakal Terciptanya AC, Berawal dari Mesin Pembuat Es

Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Hampir semua rumah yang ada saat ini, menggunakan pendingin ruangan atau air conditioner (AC) agar lebih nyaman. Dengan menggunakan AC, Anda bisa membuat ruangan yang ada tetap sejuk sehingga semua orang yang ada di dalamnya merasa nyaman.

Baca juga: OKEZONE INOVATION: Mimpi Indonesia Miliki Pesawat Buatan egeri Melalui N-250

Tahukah Anda bahwa pendingin ruangan atau AC sendiri tercipta dari sebuah mesin pembuat es. Pada 1851, John Gorrie menciptakan sebuah mesin pembuat es pertama hingga kemudian menjadikan mesin tersebut cikal bakal dalam terciptanya AC.

Mesin yang dibuat oleh Gorrie ini akhirnya dipatenkan dengan nomor paten 8080. Hingga kemudian diproduksi secara massal. Namun sayang, karena kala itu kondisi Gorrie dalam keadaan miskin, dia pun mencoba untuk mengumpulkan uang.

 

Baca juga: OKEZONE INNOVATION: Mengenal Satelit, Benda yang Banyak Mengelilingi Bumi di Angkasa

AC atau air conditioner adalah sebuah mesin yang dirancang yang bertujuan untuk menstabilkan suhu udara di suatu ruangan. Saat ini, banyak ruangan maupun perusahaan yang telah melengkapi ruangan mereka dengan AC.

Sebenarnya, sistem pendingin ruangan seperti AC ini sudah dikenal sejak zaman Romawi maupun Persia. Cara kerja dari alat ini sendiri yakni dengan menampung air ke dalam dinding, untuk kemudian bisa mendinginkan udara. Hal ini pun membutuhkan sebuah biaya yang besar dalam membangunnya.

AC yang diciptakan oleh Gorrie kala itu terkendala karena Gorrie sendiri mengalami kondisi yang buruk dalam masalah keuangan dan kesehatannya. Hingga akhirnya, Gorrie meninggal dunia pada 1855, dan mesin itu pun diteruskan oleh Willis Carrier yang kala itu dikenal sebagai penemu AC modern pada 1902.

Baca juga: OKEZONE INNOVATION: Mengenal Asisten Digital di Smartphone

Awalnya alat ini digunakan untuk ditaruh di gudang, bioskop, hingga bangunan publik lainnya. Bahkan kini, kendaraan seperti mobil pun sudah memiliki pendingin yang bisa membuat penumpang di dalamnya merasa nyaman. (afr)

(kem)

Baca Juga

<i>Waduh</i>! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar

Waduh! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar