Setelah Google dan Facebook, Giliran Mozilla Beberkan Tangkal Berita Hoax, Bagaimana Caranya?

Setelah Google dan Facebook, Giliran Mozilla Beberkan Tangkal Berita Hoax, Bagaimana Caranya?

(Foto/Ilustrasi: Cnet)

CALIFORNIA – Berita palsu atau berita hoax menjadi masalah tersendiri di beberapa negara di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh sekelompok orang yang tidak ingin repot-repot untuk memeriksa kembali kebenaran berita yang mereka baca yang kemudian berita tidak benar itu mereka bagikan di dunia maya.

Dalam beberapa kasus hal ini menimbulkan kepanikan dan kemarahan yang seharusnya tidak terjadi. Diketahui, raksasa perusahaan teknologi seperti Google dan Facebook telah mencoba untuk menanggulangi berita hoax semacam ini dan sekarang Mozilla juga ingin melakukan hal yang serupa.

Baca juga: Berantas Hoax, Kominfo Bakal Ajak Google Lancarkan Strategi Ini

Baca juga: Nih, Cara Youtube Basmi Konten Negatif

Dilanisir dari Ubergizmo, Sabtu (12/8/2017), perusahaan yang paling dikenal dengan browser mereka yang dinamakan Firefox ini telah mengumumkan sebuah inisiatif baru yang diberi nama Mozilla Information Trust Initiative. Namun, alih-alih mengambil tindakan aktif untuk mengurangi berita palsu, inisiatif dari Mozilla ini mengajak perusahaan dan kelompok kepentingan dari semua bagian web untuk memahami berita palsu dan secara kolektif menghadapinya.

Chief Innovation Mozilla, Katharina Borchet, mengatakan “Kami percaya bahwa memiliki lebih banyak mata dan otak pada sesuatu biasanya membuatnya lebih baik. Jika kita tidak berhasil mengurangi beban mental orang-orang yang terus-menerus khawatir dengan berita yang dapat dipercaya, itu akan mengurangi nilai web terbuka untuk semua orang yang berpartisipasi, dan menimbulkan banyak masalah di hilir.”

Baca juga: Duh! Telegram, Instagram, dan Facebook, Mana yang Paling Cepat Responsif Hapus Konten Negatif?

Baca juga: Hindari Berita Hoax, Nih Cara yang Harus Dilakukan Pengguna Media Sosial

Pada dasarnya, Mozilla melakukan hal yang mirip dengan apa yang dilakukan Facebook dan Google yaitu mengurangi berita palsu. Praksarsa Mozilla adalah tentang menangani masalah utama dari sumber masalahnya. Hal ini memang tidak dapat dipastikan keberhasilannya, namun Mozilla sudah berjalan di arah yang benar. (flx)

(kem)

Baca Juga

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu