Mantap! Facebook Akuisisi Startup Jerman untuk Perkaya Objek Video

Mantap! Facebook Akuisisi Startup Jerman untuk Perkaya Objek Video

(Foto: Shutterstock)

MENLO PARK – Deretan startup yang diakuisisi Facebook rupanya masih bertambah. Yang terbaru, Facebook telah mengakusisi startup computer vision, Fayteq, asal Jerman.

Fayteq terkenal karena mengembangkan teknologi yang memungkinkan untuk menambahkan objek ke video. Startup tersebut juga memiliki kemampuan sebaliknya, untuk menghapus objek dari video.

Baca: Stop Pembajakan! Facebook Akuisisi Startup Source3 dengan Mahar USD 4 Juta

Kabar ini pertama kali dipublikasikan oleh media Jerman, yang melaporkan terkait akuisisi startup tersebut. Juru bicara Facebook mengofirmasi kesepakatan tersebut kepada Variety.

Sayangnya, perwakilan Facebook tersebut menolak memberikan komentar lebih lanjut. Begitu pula dengan jumlah mahar yang tak diungkap.

Fayteq telah menjual plugin untuk editor video seperti Adobe After Effects, yang memungkinkan editor video melacak objek di video, kemudian menambah atau menghapus aset dengan bantuan data pelacakan. Misalnya plugin tersebut digunakan untuk menambahkan logo atau bahwa pesawat luar angkasa ke video.

Baca juga: Akuisisi Ozlo, Facebook Tanamkan Kecerdasan Buatan di Aplikasi Perpesanan

Facebook kemungkinan akan menggunakan teknologi yang dimiliki Fayteq untuk menambahkan efek live video ke Facebook Live. Pelacakan objek dalam live video juga merupakan sesuatu yang telah dilakukan perusahaan sebagai bagian dari upaya peningkatan kinerjanya.

Itulah sebabnya Facebook tertarik pada paten Fayteq dan juga kekayaan intelektual lainnya dari startup Jerman tersebut.

Baca juga: Intip Strategi Akuisisi Facebook dari Mark Zuckerberg

Belum jelas kesepakatan apa yang disetujui oleh kedua perusahaan tersebut. Namun, Fayteq mengatakan kepada pelanggannya bahwa produk dan layanannya tak lagi tersedia untuk pembelian.

Langkah ini seolah menunjukkan keseriusan Facebook untuk menggarap video. Sebagaimana diketahui, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg tersebut telah merilis platform video orisinalnya, Watch, untuk bersaing dengan Netflix, Hulu, bahkan YouTube.

Aplikasi Watch akan tersedia baik dalam versi desktop, laptop, mobile, serta TV pintar. Facebook akan membuat beragam jenis tayangan, seperti reality show, komedi, dan siaran langsung olahraga.

Baca juga: Keren! Watch Akan Jadi Fitur Andalan Facebook untuk Live Streaming

Jenis tayangan dalam platform video Facebook ini berfokus pada empat hal, yakni tayangan langsung yang menghubungkan brand dengan fans, tayangan yang menarik fans dan komunitas, tayangan yang memiliki tema konsisten, dan tayangan langsung yang bisa mengumpulkan komunitas.

Namun, Anda patut bersabar untuk menjajal Facebook Watch, karena platform tersebut baru meluncur di kalangan terbatas di Amerika Serikat (AS). Demikian seperti dilansir Variety, Sabtu (12/8/2017). (Lnm).

(kem)

Baca Juga

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu