WOW! Alkohol Penyebab Ikan Mas Dapat Bertahan Hidup di Air Beku Bebas Oksigen

WOW! Alkohol Penyebab Ikan Mas Dapat Bertahan Hidup di Air Beku Bebas Oksigen

(Foto/Ilustrasi: Mirror)

INGGRIS – Para ilmuwan telah menemukan bagaimana ikan mas dan sejenisnya dapat bertahan hidup selama beberapa bulan di musim dingin di danau beku dengan air yang bebas oksigen. Penelitian ini telah menemukan fakta bahwa alkohol adalah alasan mengapa ikan mas dapat bertahan hidup.

Dilansir The Register, Minggu (13/8/2017), tidak banyak vertebrata yang bisa bertahan tanpa oksigen seperti ikan mas ini. Namun, ikan mas dan kerabat liar mereka, crucian carp, berbagi mutasi genetik yang memungkinkan mereka mengubah asam laktat secara anaerobic dan menjadikannya etanol, serta membersihkan insang mereka. Ikan tersebut diketahui adalah satu-satunya vertebrata yang memiliki kemampuan unik ini.

"Selama waktu mereka di perairan bebas oksigen di kolam tertutup yang es, yang bisa bertahan selama beberapa bulan di habitat utara Eropa mereka, konsentrasi alkohol dalam ikan mas bisa mencapai lebih dari 50 mg per 100 mililiter, yang berada di atas batas pengaman minuman di negara-negara ini," kata Dr Michael Berenbrink, ahli fisiologi evolusioner di University of Liverpool di Inggris.

"Namun, ini masih merupakan situasi yang jauh lebih baik daripada mengonsumsi asam laktat, yang merupakan produk akhir metabolik untuk vertebrata lainnya, termasuk manusia, jika tidak memiliki oksigen," tuturnya.

Keterampilan yang sangat berguna ini turun ke ikan yang memiliki dua rangkaian protein berbeda di dalam otot mereka untuk menghancurkan karbohidrat, yang memungkinkannya menghasilkan etanol. Penelitian ini juga telah dipublikasikan di jurnal Scientific Reports.

"Produksi etanol memungkinkan ikan mas menjadi satu-satunya spesies ikan yang bertahan dan mengeksploitasi lingkungan yang keras ini, sehingga menghindari persaingan dan melarikan diri dari predasi oleh spesies ikan lain yang biasanya mereka berinteraksi di perairan beroksigen yang lebih baik," kata Dr Cathrine Elisabeth Fagernes, dari Universitas Oslo, Norwegia.

"Tidak heran jika sepupu crucian carp, ikan mas itu bisa dibilang merupakan salah satu hewan peliharaan paling tangguh di bawah perawatan manusia," tukasnya. (flx)

(kem)

Baca Juga

Nih Persepsi Sifat Alien yang Keliru, Apa Saja?

Nih Persepsi Sifat Alien yang Keliru, Apa Saja?