Techno Trick: Nih! Cara Mudah Streaming Game PC di Twitch

Techno Trick: Nih! Cara Mudah Streaming Game PC di Twitch

(Foto: Engadget)

CALIFORNIA - Setiap hobi pasti menjadi lebih menyenangkan jika Anda bisa membaginya dengan orang lain. Hal yang sama bisa berlaku untuk para pencinta game. Cara paling jelas adalah dengan berbagai kesenangan dengan cara multi-player, atau bahkan menyiarkan game yang sedang Anda mainkan ke internet.

Bagi setiap gamer PC yang ingin memamerkan keahliannya, ini adalah cara yang bagus untuk menyiarkan game yang sedang Anda mainkan. Anda bisa menggunakan perekam layar gratis OBS Studio yang disambungkan dengan Twitch untuk memperlihatkan keahlian Anda.

Twitch merupakan layanan video yang memungkinkan pengguna meng-upload, melakukan live streaming, dan gameplay ke ribuan pemirsa secara real-time. Berikut ini cara bagaimana memulai streaming game PC favorit Anda di Twitch, seperti dilansir Techradar.com.

Hal paling pertama yang harus dipersiapkan adalah akun Twitch. Jika Anda belum memiliki akun Twitch, Anda bisa membuat akun baru atau bisa juga menggunakan akun Facebook.

Kemudian setelah memiliki akun atau masuk menggunakan akun Facebook, Anda perlu mengetahui Stream Key untuk melakukan streaming. Stream key bisa Anda temukan pada Dashboard, pilih menu Setting dan klik link 'Stream key', kemudian klik 'Show Key' dan 'I Understand' untuk mendapatkan Stream Key.

Anda bisa menyalin kode tersebut dan meletakkan pada note di PC atau Anda bisa mengingat di mana tempat mendapatkan kode tersebut. Setelah mendapatkan Stream Key, langkah selanjutnya yang harus Anda tempuh adalah men-download OBS Studio.

OBS Studio adalah program gratis yang disediakan untuk merekam layar PC Anda dan dapat menyiarkan apa yang dilakukan dari berbagai platform. Jika proses penginstalan selesai, Anda perlu pergi pada pengaturan program untuk mengganti beberapa pilihan pengisian.

Anda perlu mengisi Stream Key yang sudah didapatkan sebelumnya pada Switch dan masukkan kode tersebut pada kolom yang sudah tersedia. Kemudiah ubah pilihan Server ke Switch, hal tersebut untuk menyambungkan program tersebut pada Switch.

Sebuah game tanpa audio yang mendukung sama saja seperti menonton film horor tanpa musik yang menyeramkan, tidak ada ketegangan di dalamnya. Anda bisa memilih sumber audio yang ingin digunakan ketika streaming mulai, Anda bisa mengaturnya pada OBS Studio dengan mengganti output audio sesuai dengan pilihan.

Setelah semua pengaturan selesai, Anda bisa langsung memulai streaming game dengan mengklik 'Start Streaming' pada sisi kanan jendela program OBS Studio. Jika streaming tidak berjalan lancar, mungkin saja karena gangguan pada sambungan internet.

Anda bisa menurunkan kualitas streaming dan memantau kembali apakah gangguan tersebut masih terjadi.

(ahl)

Baca Juga

Nih, Cara Dapatkan Foto Terbaik Gerhana dengan Aman

Nih, Cara Dapatkan Foto Terbaik Gerhana dengan Aman