Lagi, Bos SpaceX Elon Musk Beri Peringatan soal Bahaya Teknologi AI

Lagi, Bos SpaceX Elon Musk Beri Peringatan soal Bahaya Teknologi AI

Foto : Instagram/Elon Musk

JAKARTA – Seorang pendiri Tesla dan CEO SpaceX, Elon Musk kembali mengeluarkan sebuah peringatan tentang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Sebelumnya Musk juga pernah berbeda pendapat dengan pendiri Facebook yakni Mark Zuckerberg. Musk menyebut AI sebagai risiko eksistensial mendasar bagi peradaban manusia.

Melansir Business Insider, Minggu (13/8/2017), kini Musk mengatakan bahwa kecerdasan buatan harus diatur dengan cara yang sama seperti apapun yang bisa menimbulkan bahaya bagi masyarakat.

Tapi Musk tidak sendiri, Bill Gates dan Stephen Hawking juga telah mengeluarkan peringatan tentang AI.

Baca Juga : OKEZONE STORY: Kenalan dengan Igor Sikorsky, sang Penemu Helikopter yang Cinta Ilmu Alam

Baca Juga: Langka! Ini Dia Serangga Terbesar di Dunia

Dalam akun Twitter-nya Musk mengungkapkan, ”Jika Anda tidak peduli dengan keamanan AI, Anda harus menjadi korban yang lebih besar daripada Korea Utara”.

Tak ketinggalan dia juga mengunggah poster wanita dengan tulisan, ”Pada akhirnya, mesin akan menang”.

Mesin memang akan selalu menang dan mengalahkan manusia. Seperti telefon yang telah mengubah manusia menjadi kecanduan dan tak bisa terlepas dari kecanggihannya.

Meski begitu, Musk berpikir manusia bisa melakukan sesuatu untuk melawan robot.

“Tidak ada yang suka diatur, tetapi semuanya (mobil, pesawat terbang, makanan, obat-obatan terlarang, dan lain-lain) itu berbahaya bagi masyarakat dan harus diatur. Begitupun dengan AI,” tweet Musk lainnya.

Musk juga mengemukakan ide lain pada pertemuan Perhimpunan Gubernur Nasional belum lama. Ia menjelaskan di akun Twitter-nya bahwa AI benar-benar akan menimbulkan ancaman langsung.

“Hambatan terbesar untuk mengenali bahaya AI adalah mereka yang begitu yakin akan kecerdasan mereka sendiri, sehingga mereka tidak dapat membayangkan orang melakukan apa yang tidak mereka lakukan,” kata Musk dalam tweet-nya.

Sebelumnya dikemukakan Zuckerberg yang juga mengetahui satu atau dua hal seputar AI, memiliki sikap yang berbeda dengan Musk. Di Facebook Live, ia mengatakan optimis tentang kemajuan kecerdasan buatan.

"Saya berpikir orang-orang yang menentang dan agak mencoba untuk menghidupkan skenario kiamat ini. Saya hanya tak memahaminya, saya pikir itu benar-benar negatif dan dalam beberapa hal saya sebenarnya menganggapnya tak bertanggungjawab," ungkap Zuckerberg.

"Dalam lima sampai 10 tahun ke depan, AI akan memberikan begitu banyak perbaikan dalam kehidupan kita. Jika Anda berdebat melawan AI, maka Anda berdebat melawan mobil yang lebih aman yang tak akan mengalami kecelakaan. Dan, Anda berdebat untuk bisa mendiagnosis orang dengan lebih baik saat mereka sakit,” terang Zuckerberg.

Baca Juga: Jeff Bezos Tak Lagi Kuntit Bill Gates di Daftar Orang Terkaya di Dunia, Kok Bisa?

Baca Juga: Mau Tau Cara Membedakan Smartphone Ilegal dan Resmi, Nih Caranya!

(kem)

Baca Juga

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu