Diblokir, Facebook Akhirnya Temukan Jalan untuk Gerogoti Pasar China

Diblokir, Facebook Akhirnya Temukan Jalan untuk Gerogoti Pasar China

Foto : AFP

BEIJING – Sebuah aplikasi baru besutan Facebook kini muncul di China. Setelah bertahun-tahun lamanya negara tersebut menutup akses jejaring sosial raksasa milik Mark Zuckerberg itu.

Colorful Balloons, mungkin akan segera masuk ke pasar di China. Menurut deskripsi toko Chinese app, ia bekerjasama dengan aplikasi Moments Facebook.

“Colorful Balloons dapat mengelompokan gambar dan video telefon pengguna berdasarkan waktu, lokasi dan karakter. Aplikasi ini dapat membantu Anda membuat album dan membaginya dengan teman dan keluarga,” ungkap Facebook dalam sebuah pernyataan resmi.

Facebook mengonfirmasi kebenaran tersebut kepada CNN Money, bahwa perangkat lunak ini adalah aplikasi milik Facebook, tetapi nama platform tersebut tidak terlihat sama sekali.

Baca Juga : Sempat Digugat, Ponsel Bapak Android Andy Rubin Tantang iPhone

Baca Juga : Mantap! Facebook Akuisisi Startup Jerman untuk Perkaya Objek Video

Sebagai gantinya, sebuah perusahaan bernama Youge LLC dikreditkan sebagai pencipta, dan Coloful Balloons adalah satu-satunya aplikasi yang terdaftar di bawah pengembang.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur berbeda yang dapat memenuhi pasar di China. Untuk mendaftar, pengguna harus menggunakan nomor ponsel negara tersebut.

Selama bertahun-tahun, selain Facebook aplikasi lain termasuk Snapchat, Pinterest, Twitter, Instagram bahkan Google dilarang masuk ke negara China.

Di China, para pengembang telah menciptakan platform serupa yakni Weibo, aplikasi ini berguna untuk menggantikan Twitter sebagai situs microblogging utama negara itu.

Namun, hal ini tidak menghentikan raksasa teknologi Amerika itu untuk menggerogoti pasar China yang besar tersebut.

“Kami telah lama mengatakan bahwa kami tertarik dengan China, dan menghabiskan waktu untuk memahami dan belajar lebih banyak tentang negara ini dengan berbagai cara. Fokus kami saat ini adalah membantu bisnis dan pengembang China untuk berkembang ke pasar baru di luar China dengan menggunakan platform iklan kami,” imbuh Facebook seperti yang dinukil dari CNN Money, Minggu (13/8/2017).

(kem)

Baca Juga

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu