Facebook Uji Fitur Anyar yang Disesuaikan Minat Pengguna, seperti Apa?

Facebook Uji Fitur Anyar yang Disesuaikan Minat Pengguna, seperti Apa?

(Foto: Reuters)

MENLO PARK – Facebook dilaporkan tengah menguji sebuah fitur di News Feed jejaring sosialnya, yang menyediakan tautan, disesuaikan dengan berita terkait topik yang diminati pengguna. Langkah ini ditempuh Facebook agar penggunanya semakin lama menghabiskan waktu di jejaring sosial terbesar di dunia tersebut.

Dilansir Reuters, Jumat (18/8/2017), fitur yang disebut ‘Featured Topic’ atau Topik Unggulan itu tengah diuji pada laman Feed Facebook. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan Reuters, setiap item yang dipilih mencakup beberapa kalimat teks pada sebuah subjek, sebuah tautan ke story, dan sebuah foto.

Facebook juga telah mengonfirmasi bahwa fitur tersebut sedang dalam pengujian. Perusahaan juga mengatakan bahwa fitur itu dirancang untuk membantu orang menemukan stories yang mungkin relevan bagi mereka.

Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini memang sering kali melakukan perubahan pada News Feed Facebook. Biasanya, Facebook menguji fitur potensial dalam waktu yang cukup lama, sebelum akhirnya dirilis secara resmi.

Facebook News Feed menyertakan apa pun yang di-posting oleh pengguna, beserta rekan dan keluarga pengguna yang ditampilkan dalam urutan sesuai dengan algoritma Facebook, beserta iklan dan posting-an yang disukai pengguna. Banyak perusahaan menyediakan deretan story mereka kepada pelanggan sesuai dengan minat mereka.

Beragam cara juga telah dilakukan Facebook untuk memodifikasi News Feed-nya. Pada Mei 2016, Facebook mengubah prosedur di balik bagian ‘Trending Topic’ setelah sebuah laporan menuduh perusahaan telah menekan berita konservatif dan seorang senator meminta keterbukaan Facebook lebih lanjut.


Facebook pada Desember, mulai meluncurkan serangkaian perubahan untuk melawan hoax, klikbait dan berita palsu seperti berita yang menyebar pemilihan Presiden AS tahun lalu.

Berbagai layanan lainnya, seperti Twitter dan Snapchat, menawarkan cara bersaing untuk menemukan berita yang tengah tren. Bulan lalu, Google juga merombak aplikasi mesin pencariannya versi mobile untuk menyertakan feed link yang dipersonalisasi.

Berkat sederet fiturnya, Facebook masih menjadi aplikasi yang digandrungi pengguna. Jumlah pengguna jejaring sosial yang lekat dengan warna biru itu bahkan telah mencapai lebih dari 2 miliar. Melalui akun Facebook-nya, Zuckerberg juga menyebutkan lebih dari 1,3 miliar orang yang menggunakan Facebook setiap harinya. (lnm).

(kem)

Baca Juga

Buronan Tertangkap Gara-Gara Pakai Fitur Live Instagram, Kok Bisa?

Buronan Tertangkap Gara-Gara Pakai Fitur Live Instagram, Kok Bisa?