OKEZONE STORY: Kuliah Hanya 8 Minggu, Bos Spotify Kini Jadi Kaya Raya

OKEZONE STORY: Kuliah Hanya 8 Minggu, Bos Spotify Kini Jadi Kaya Raya

Foto: Dok. Billboard

JAKARTA – Siapa di antara Anda yang tidak tahu dengan aplikasi Spotify. Layanan musik yang ditawarkan oleh aplikasi ini membuat Anda bisa menikmati musik dengan cara yang menyenangkan. Di balik kesuksesan Spotify saat ini, ada cerita menarik yang bisa dipelajari oleh seluruh masyarakat di dunia.

Baca juga: OKEZONE STORY: Pernah Hidup Miskin, Robert Hooke Berhasil Jadi Penemu Sel Pertama di Dunia

Daniel Ek adalah sosok yang berhasil membuat Spotify sukses seperti sekarang. Pria berkepala plontos tersebut juga disebut-sebut sebagai salah satu orang penting dalam perkembangan dunia musik. Sebab, ide cemerlangnya dalam mengubah wajah industri musik melalui produk inovasinya.

Pria asal Swedia sanggup menggabungkan antara teknologi dan musik menjadi ladang bisnis hingga mampu menjadikannya seorang miliader. Namun siapa yang mengira, Daniel tidak pernah menamatkan pendidikannya hingga selesai semasa di perguruan tinggi.

Baca juga: OKEZONE STORY: Mantap! Malang Melintang di Dunia Startup, Kevin Systrom Sukses Bikin Perusahaan Senilai Rp9 Triliun

Daniel sempat mengenyam pendidikan di Royal Institute of Technology. Namun hanya dalam kurun waktu delapan minggu, dia memutuskan untuk keluar dari bangku kuliah dan berbisnis dengan menjual berbagai program kepada perusahaan. Bahkan, program-program yang dijualnya mampu dihargai sebesar 1 juta dolar. Angka tersebut juga termasuk jumlah angka yang fantastis.

Di usianya yang masih 23 tahun, Daniel sudah bisa dikatagorikan sebagai orang kaya. Pasalnya, dirinya sudah mampu membeli apartemen serta mobil mewah yakni Ferrari. Saat dirinya bertemu dengan veteran, Daniel merasa mulai bosan, sama halnya seperti yang dirasakan oleh veteran tersebut.

Setelah bertukar ide, keduanya akhirnya memiliki misi untuk merombak industri musik. Daniel melihat industri musik kala itu dalam kondisi sekarat sehingga pembajakan terjadi di mana-mana.

Baca juga: OKEZONE STORY: Menilik Penemu Teleskop yang Masih Misterius

Melalui ide itulah, Daniel akhirnya membangun bisnis barunya yakni Spotify. Daniel tidak sendiri bersama kerabatnya yakni Martin, mereka bersama-sama merekrut orang menjalankan bisnis startup tersebut.

Secara perlahan, Daniel akhirnya berhasil menyakinkan sejumlah label rekaman serta musisi dunia. Bahkan, industri musik seperti menunggu ide yang dikeluarkan oleh Daniel ini. Akhirnya, jumlah pengguna Spotify tersebut pun melonjak pesat menjadi 60 juta dan terus bertambah hingga detik ini. (afr)

(kem)

Baca Juga

Buronan Tertangkap Gara-Gara Pakai Fitur Live Instagram, Kok Bisa?

Buronan Tertangkap Gara-Gara Pakai Fitur Live Instagram, Kok Bisa?