Komentari Tragedi Charlottesville, Mark Zuckerberg Ternyata Siapkan Rencana Besar, Apa Itu?

Komentari Tragedi Charlottesville, Mark Zuckerberg Ternyata Siapkan Rencana Besar, Apa Itu?

Foto : Huffington Post

CALIFORNIA – CEO Facebook, Mark Zuckerberg, belum lama ini mengunggah status yang membuat siapa pun berdecak kagum. Tetapi posting-an kali ini bukan mengenai perusahaan atau kehidupannya. Namun, ia mengutarakan pendapat mengenai peristiwa yang terjadi pada pekan lalu, Sabtu 12 Agustus 2017.

Sebuah bentrokan terjadi antara kelompok neo-Nazi atau nasionalis kulit putih dan para penentangnya di Kota Charlottesville, Amerika Serikat. Bentrokan tersebut dipicu karena kebencian ras dari kedua belah pihak.

Insiden ini memakan korban tentunya, menewaskan satu orang dan melukai belasan korban lainnya yang juga memancing kecaman dan komentar dari berbagai pihak termasuk Mark Zuckerberg.

“Memalukan sekali bahwa kita masih harus memberitahukan bahwa neo-Nazi dan nasionalis kulit putih itu gerakan yang sesat seolah-olah masih belum jelas letak kesalahannya,” ujar Zuckerberg dalam posting-annya.

Zuckerberg juga turut menyatakan simpati kepada para korban, tak luput pihaknya juga berjanji akan terus memerangi ujaran kebencian pada platform-nya.

“Kami memerhatikan situasi dengan saksama dan akan menghapus ancaman berbau kekerasan fisik. Kerja kami mungkin tidak sempurna, tapi Anda mendapatkan komitmen saya. Tak ada tempat untuk kebencian di komunitas kami. Tak ada keseimbangan, nuansa, dan kedalaman yang cukup diskursus publik kita,” imbuh Zuckerberg.

Diketahui, Facebook memang telah lama memiliki kebijakan untuk melarang ancaman yang berbau kekerasan termasuk ujaran kebencian. Namun, media sosial raksasa ini kerap menemui kesulitan saat mengawasi para penggunanya yang kini telah mencapai angka 2 miliar.

Suami dari Priscilla Chan ini juga mengungkapkan dirinya akan memerhatikan polarisasi yang semakin memecah belah masyarakat di Amerika Serikat. Demikian dinukil dari The Guardian, Jumat (18/8/2017).

(kem)

Baca Juga

Buronan Tertangkap Gara-Gara Pakai Fitur Live Instagram, Kok Bisa?

Buronan Tertangkap Gara-Gara Pakai Fitur Live Instagram, Kok Bisa?