Ngeri.. Ini Lho 5 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

Ngeri.. Ini Lho 5 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

(Foto: Shutter Stock)

JAKARTA - Virus komputer bisa menyebabkan kerugian bagi seseorang bahkan perusahaan. Oleh sebab itu, baik orang atau perusahaan menginvestasikan banyak uang untuk menjaga keamanan serta memelihara server dan sistem mereka dari virus dan malware.

Terdapat jutaan virus di dunia dengan tingkat risiko minimal hingga kritis. Lalu, virus komputer mana yang paling merusak dan berbahaya yang pernah ada dalam sejarah? Berikut ini daftarnya yang berhasil dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Selasa (22/8/2017).

Stuxnet

Stuxnet merupakan virus komputer paling berbahaya dan merusak di dunia. Virus Stuxnet jauh lebih berbahaya dibandingkan senjata siber yang bisa dibayangkan. Menurut beberapa sumber, virus tersebut dirancang secara bersama oleh Amerika Serikat (AS) dan pemerintah Israel yang secara khusus menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr di Iran.

Mydoom

Muncul pada 2004, Mydoom merupakan worm untuk Windows yang menjadi salah satu worm e-mail paling cepat menyebar. Penulisnya tak diketahui dan diyakini bahwa pencipta dibayar untuk membuatnya karena mengandung pesan teks, “Andy; saya hanya melakukan pekerjaan saya, tak ada yang pribadi, maaf.”

1 / 2

Baca Juga

Buronan Tertangkap Gara-Gara Pakai Fitur Live Instagram, Kok Bisa?

Buronan Tertangkap Gara-Gara Pakai Fitur Live Instagram, Kok Bisa?