Gandeng Uber, Walmart Siap Bertarung dengan Ritel Milik Jeff Bezos

Gandeng Uber, Walmart Siap Bertarung dengan Ritel Milik Jeff Bezos

Ilustrasi Foto : AFP

CALIFORNIA – Diam-diam Walmart mengembangkan bisnis online-nya dengan menggunakan jasa Uber. Minggu ini layanan tersebut telah menyasar ke dua pasar di perkotaan.

Mendapati laporan CNBC, Selasa (22/8/2017), orang-orang yang tinggal di Dallas atau Orlando, Florida sekarang dapat membeli keperluan di situs Walmart dan mengirimkannya ke rumah melalui Uber. Walmart mengumumkan pada hari Senin lalu.

Hingga kini, layanan dengan Uber telah tersedia di Phoenix dan Tampa, Florida. Walmart juga telah menjalankan layanan pengiriman barang sendiri di Denver dan San Jose, California.

“Kami telah menguji beberapa cara pengiriman untuk sementara waktu di pasar utama di seluruh negeri. Di beberapa daerah, kami mencoba pengiriman barang dagangan umum yang dipimpin oleh rekan kerja. Di tempat lain, kami sedang menguji pengiriman grosir menggunakan truk dan supir Walmart,” kata Mike Turner, wakil Presiden Operasional E-commerce Walmart dalam sebuah pernyataan resmi.

Tahun lalu, perusahaan yang bersaing dengan Whole Foods itu mulai menguji pengiriman makanan melalui layanan seperti Uber.

Dalam laporan pendapatan terakhirnya, manajemen Walmart menyoroti belanja online sebagai bisnis yang cerah dan booming. CFO Brett Biggs mengatakan minggu lalu, bahwa pengecer senang dengan apa yang telah dilakukannya dalam menjual makanan, dan ia berharap bahwa toko kelontong online akan terus tumbuh dengan cepat.

Selama kuartal kedua, kategori makanan terlihat sebagai kinerja penjualan kuartalan paling kuat dalam lima tahun, kata Walmart. Dan penjualan online naik 60% untuk periode tersebut, sebagian didorong oleh akuisisi pengecer Jet.com pada September lalu.

Meski demikian, program AmazonFresh telah menjadi pelopor, mendorong pedagang lain untuk mempertimbangkan dalam meningkatnya bisnis e-commerce mereka atau dapat berisiko kehilangan penjualan dari konsumen yang semakin banyak mencari pilihan cepat dan mudah.

Akhir pekan ini, pemegang saham Whole Foods akan memberikan suara pada tawaran pengambilalihan Amazon. Sementara investor diharapkan menyetujui penawaran tersebut, masih banyak yang tidak diketahui mengenai bagaimana kesepakatan ini dapat berlangsung, setelah selesai hal tersebut akan berdampak pada industri supermarket.

(kem)

Baca Juga

Diblokir Kominfo, Situs Nikahsirri Masih Bisa Diakses, Lelang Perawan Ternyata Andalan Situs Ini

Diblokir Kominfo, Situs Nikahsirri Masih Bisa Diakses, Lelang Perawan Ternyata Andalan Situs Ini