Wah! Tanpa Travis Kalanick, Uber Masih Punya Keuntungan

Wah! Tanpa Travis Kalanick, Uber Masih Punya Keuntungan

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Skandal pelecehan seksual yang menerpa Uber sepertinya tak berdampak pada bisnisnya. Perusahaan tersebut dilaporkan masih menorehkan hasil positif pada laporan kuartal kedua 2017.

Uber memiliki pertumbuhan pesanan hingga 150% dari tahun lalu, sehingga mendongkrak pendapatan serta mengurangi kerugian.

Sebagaimana dilaporkan oleh BBC, Jumat (25/8/2017) yang bersumber dari Axios, Uber memiliki pendapatan senilai USD1,75 miliar di periode April hingga Juni 2017. Kerugian yang dimiliki oleh Uber pun turun sebesar 9% menjadi USD645 juta.

Padahal hingga saat ini Uber masih belum memiliki posisi CEO perusahaan. Travis Kalanick yang sebelumnya menempati posisi tersebut 'diusir' oleh jajaran direksi setelah adanya skandal pelecehan seksual. Hanya saja tanggung jawab perusahaan masih dipikul Kalanick sebagai salah satu pendiri.

Kekosongan di posisi CEO memunculkan spekulasi tentang sosok pengganti Kalanick. Belakangan ini, mantan bos General Electric, Jeff Immelt, santer dikabarkan bakal menggantikan Travis Kalanick. Selain Immelt, bos HP Enterprise, Meg Whitman, juga sempat dikaitkan dengan Uber.

Hanya saja, Meg langsung membantah isu tersebut dan mengatakan bahwa ia masih memiliki banyak pekerjaan di HP. Sementara itu tekanan pada Travis Kalanick juga datang dari salah satu investornya.

Benchmark Capital menuding Kalanick sedang berusaha kembali merebut jabatannya. Investor Uber itu menggugat Kalanick karena dianggap memasukkan anggota direksi yang dapat memuluskan jalannya menjadi CEO Uber.

Sementara itu menurut analis dari The Information, di tempat yang memiliki konsentrasi karyawan perusahaan teknologi cenderung memilih Lyft dibandingkan Uber. Meskipun begitu, laporan Uber menunjukkan bahwa perusahaan masih bisa berdiri tegak di tengah kasus yang dihadapi.

(kem)

Baca Juga

Diblokir Kominfo, Situs Nikahsirri Masih Bisa Diakses, Lelang Perawan Ternyata Andalan Situs Ini

Diblokir Kominfo, Situs Nikahsirri Masih Bisa Diakses, Lelang Perawan Ternyata Andalan Situs Ini