Mantap! Aplikasi Obrolan Video Ini Bakal Salip Facebook dan Snapchat

Mantap! Aplikasi Obrolan Video Ini Bakal Salip Facebook dan Snapchat

(Foto: Houseparty)

JAKARTA – Amat jarang bahwa startup kecil mampu menantang perusahaan seperti Facebook dan Snapchat. Namun nampaknya anggapan tersebut akan digebrak oleh Houseparty , aplikasi obrolan video sentris remaja.

Setahun sejak dirilis untuk publik, Houseparty telah berkembang hingga mendulang 20 juta pengguna yang bersama-sama telah berpartisipasi dalam lebiih dari setengah miliar panggilan video.

20 juta mungkin merupakan jumlah yang sepele jika dibandingkan dengan miliaran jumlah pengguna Facebook, atau 173 juta pengguna Snapchat. Namun aplikasi obrolan video yang dibuat oleh Meerkat, mengalahkan saingan besarnya dengan satu cara penting yakni penggabungan.

Pengguna aplikasi Houseparty 60% diantaranya berusia dibawah 24 tahun, menghabiskan rata-rata 51 menit per hari untuk mengobrol melalui aplikasi. Sebagai pembanding, pengguna rata-rata Snapchat menghabiskan 30 menit sehari dalam aplikasi. Sementara Facebook mengatkan penggunanya menghabiskan waktu rata-rata 50 menit per hari, namun itu termasuk gabungan dari Instagram, Facebook, dan Messenger.

Facebook sendiri telah mengantisipasi aplikasi tersebut. Awal tahun ini, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Facebook sedang merancang kloning Houseparty yang disebut Bonfire sebagai bagian dari tawaran agresif untuk membatalkan persaingan.

Sedangkan Snapchat tak begitu jelas apakah pihaknya merasa terusik dengan hadirnya Houseparty. Namun sebagai catatan, kedua aplikasi ini memiliki kesamaan yakni basis pengguna yang muda. Keduanya juga menghindari jebakan jaringan sosial dengan mengatakan bahwa layanan mereka ditujukan untuk ‘teman dekat’ bukan seluruh dunia.

Kedua perusahaan mengaitkan kesuksesan dengan kemampuan mereka untuk menghubungka pengguna dengan teman ‘nyata’ mereka sehingga mereka bisa menjadi diri mereka yang sesungguhnya.

“Ini terasa seperti cara baru bagi mereka untuk menghubungkan dimana mereka tidak harus menjadi versi yang difilter dari diri mereka sendiri yang mereka tampilkan di publik,” kata pendiri Houseparty, Sima Sistani tentang daya tarik aplikasi untuk pengguna yang lebih muda.

Tentu saja bukanlah hal mudah bagi Houseparty untuk menyaingi perusahaan Facebook dan Snapchat. Terutama ketika satu atau bahkan dua perusahaan pesaingnya mulai menjiplak fitur utama Houseparty. Keunggulannya yakni 20 juta pengguna yang kuat meski terbilang aplikasi baru. Jika Houseparty mampu mempertahankannya, tidak mudah bagi pesaing untuk menyepelekannya. Demikian seperti dilansir Mashable, Jumat (8/9/2017). (lnm).

(kem)

Baca Juga

Diblokir Kominfo, Situs Nikahsirri Masih Bisa Diakses, Lelang Perawan Ternyata Andalan Situs Ini

Diblokir Kominfo, Situs Nikahsirri Masih Bisa Diakses, Lelang Perawan Ternyata Andalan Situs Ini