Menang di Pasar Global, Huawei Keok di Kandang Sendiri, Kok Bisa?

Menang di Pasar Global, Huawei Keok di Kandang Sendiri, Kok Bisa?

(Foto: Ilustrasi)

JAKARTA - Di kancah global Apple telah disalip oleh Huawei soal penjualan ponsel pintar. Berdasarkan laporan Counterpoint beberapa waktu lalu, produsen asal China itu kini menduduki peringkat kedua setelah menggeser Apple.

Namun di kandang sendiri, Huawei tampaknya mengalami penurunan pangsa pasar. Berdasarkan laporan Korea International Trade Association, 171 juta iPhone telah digunakan selama kuartal kedua tahun ini. Sementara ponsel pintar Huawei hanya digunakan sebanyak 132 juta di China.

Sementara itu, OPPO dan Vivo masing-masing menduduki peringkat ketiga dan empat dengan perolehan 124 juta dan 108 juta unit smartphone. Di bawah mereka ada Xiaomi dan Samsung dengan penjualan 68 juta dan 48 juta unit smartphone.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (8/9/2017), kelima vendor yang menempati urutan smartphone terlaris di China, sebagian besar diminati oleh kalangan anak muda.

Misalnya saja, 50% penjualan smartphone OPPO berasal dari konsumen di rentang usia 16 hingga 25 tahun. Hanya 25% konsumen OPPO dan Vivo yang mengatakan akan membeli merek yang sama.

Sementara bagi Apple, sebanyak 53,4% pengguna iPhone di China akan membeli seri iPhone lainnya. Hanya 7,2% dari pengguna smartphone Samsung yang mengatakan minatnya akan membeli merek yang sama.

Laporan itu juga mengungkap bahwa sejak peluncuran iPhone 6, Samsung tak pernah memulihkan tekanan pasar meski dengan produk Galaxy S, dan Galaxy Note. Hal ini yang memungkinkan Samsung untuk fokus pada penjualan chipset, layar, dan memori.

Meski Samsung memiliki perolehan pasar global yang melampaui Apple, perusahaan asal Korea Selatan itu mendapatkan pemasukan kurang dari 20% dibandingkan pendapatan Apple dari penjualan iPhone.

(kem)

Baca Juga

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?