Hebat! Kecerdasan Buatan Bisa Tebak Orientasi Seksual Manusia

Hebat! Kecerdasan Buatan Bisa Tebak Orientasi Seksual Manusia

Ilustrasi (Foto: Tech Spot)

JAKARTA - Dua orang ilmuwan di Standford University, Michal Kosinski dan Yilun Wang, memiliki algoritma yang dapat menebak orientasi seksual seseorang. Teknologi berupa kecerdasan buatan itu diyakini bisa menebak apakah seseorang itu gay atau bukan.

Dikutip dari Tech Spot, Jumat (8/9/2017), mereka melakukan penelitian berdasarkan 35.000 foto yang telah dipublikasi dalam situs kencan di Amerika Serikat yang merepresentasikan gay atau bukan berdasarkan jenis kelamin.

Neural network yang diekstrak memiliki fitur dengan sejumlah data yang cukup besar. Sistem itu bisa mengidentifikasi tren tertentu untuk membantu menentukan orientasi seksual seseorang.

Pria gay cenderung memiliki gender yang tak biasa yakni lebih berekspresi dan cara perawatan tubuh yang tampak lebih feminin. Mereka memiliki rahang yang runcing, hidung yang lebih mancung, dan dahi yang lebih lebar dari pria pada umumnya.

Kebalikan dari hal-hal di atas, berlaku juga untuk wanita lesbian yang secara umum memiliki rahang yang lebih lebar dan dahi yang lebih kecil.

Sistem tersebut dapat membedakan antara pria gay atau bukan sebanyak 81%. Sementara pada wanita sistem itu mampu membedakan orientasi seksual sebesar 74% hanya dengan melihat fotonya.

Saat sistem itu diperlihatkan 5 foto yang sama level akurasinya meningkat menjadi 91% untuk pria dan 83% untuk wanita. Secara kontras, manusia hanya mampu mengenali orientasi seksual mereka dengan akurasi 61% untuk pria dan 54% untuk wanita.

Meski penelitian ini tergolong kontroversial, namun berdasarkan kebiasaan warga Amerika Serikat dalam pencarian di internet, mereka lebih banyak mencari topik "apakah suami saya seorang gay?" dibandingkan "apakah suami saya memiliki hubungan gelap?".

(kem)

Baca Juga

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?