DO YOU KNOW: Unik! Kelompok Anjing Liar Afrika Lakukan Voting dengan Bersin

DO YOU KNOW: Unik! Kelompok Anjing Liar Afrika Lakukan Voting dengan Bersin

(Foto: Live Science)

JAKARTA - Anjing liar Afrika memiliki cara komunikasi yang cukup unik. Jenis Lycaon Pictus yang terancam punah ternyata menggunakan bersin sebagai cara untuk mengambil keputusan melalui voting atau pengumpulan suara.

Hal itu diketahui berkat penelitian yang dilakukan oleh Neil Jordan, seorang peneliti dari University of New South Wales Sydney, bersama rekan-rekannya yang bekerja sama dengan Bostwana Predator Conservation Trust (BPCT).

Jordan dan rekannya yang lain melakukan pengamatan selama berjam-jam di habitat anjing liar Afrika. Mereka mengamati tingkah dan kebiasaan yang dilakukan oleh hewan yang bergerombol tersebut.

Baca juga: Semuta Bisa Tidur 250 Kali dalam Sehari, Nih Penjelasannya!

Setelah melakukan pengamatan, diketahui bahwa mereka kerap mendengar kelompok anjing liar tersebut bersin.

"Saat menunggu begitu lama dan menghabiskan banyak energi, saya pertama kali memperhatikan adanya kemungkinan keterkaitan saat mereka bersin dan pergi," kata Jordan dikutip dari Live Science, Jumat (8/9/2017).

Untuk menguji kebenarannya itu, ia pun melakukan penelitian lebih lanjut dengan membawa 5 ekor anjing liar Afrika ke Okavango Delta pada Juni 2014 hingga Mei 2015. Mereka menaruh alat radio VHF ke salah satu anjing untuk melacak kegiatan mereka.

Melalui observasi langsung dan rekaman video, peneliti mendapatkan 68 interaksi sosial di antara anjing-anjing tersebut. Mereka pun menemukan data yang cukup mengejutkan dari dugaan Jordan. Anjing liar Afrika bersin untuk memberikan suara apakah mereka akan pergi dan mulai berburu.

"Bersin berperan seperti sistem pengambilan suara bagi mereka," kata Jordan.

Baca juga: Ternyata! Telur Burung 65 Juta Tahun Lalu Berwarna Hijau Kebiruan

Reen Walker dari University of Brown University juga memiliki penemuan yang hampir sama. Menurut penelitiannya, bersin merupakan salah satu cara bagi anjing untuk menyampaikan perasaan emosional.

"Terengah-engah, dan bersin adalah sinyal yang diamati pada anjing peliharaan, coyote, dan serigala yang menggunakan pernapasan atau inhalasi udara sebagai suara untuk menyampaikan keadaan emosional. Pesan yang diberikan contohnya seperti 'Ayo bermain', 'Aku melihat benda yang aneh', hingga 'Aku takut'," kata Walker.

Penemuan ini sendiri telah dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B, yang menunjukkan bahwa bersin bukan hanya membersihkan saluran udara bagi anjing liar Afrika.

(kem)

Baca Juga

Nih Rahasia di Balik Jejak Kaki Kuno yang Tertinggal

Nih Rahasia di Balik Jejak Kaki Kuno yang Tertinggal