3 Misteri soal Gurun Ini Belum Terpecahkan, Apa Saja?

3 Misteri soal Gurun Ini Belum Terpecahkan, Apa Saja?

(Foto: Wikimedia Commons)

JAKARTA - Padang pasir memang menawarkan beberapa misteri terakhir di dunia, baik alami maupun buatan manusia. Oleh sebab itu, padang pasir menjadi hal yang cukup menarik untuk sebagian orang.

Misteri yang ada di padang pasir ada yang sudah terkuak namun ada juga yang belum terpecahkan. Apa saja misteri padang pasir yang belum terpecahkan itu? Berikut ini rincian tersebut seperti dikutip Okezone dari Listverse, Senin (11/9/2017).

Nabta Playa

Gurun Sahara menyimpan misteri megalit 1.000 tahun lebih tua dari Stonehenge. Disebut Nabta Playa, situs tersebut mencakup cincin batu berdiri, lima baris tegak lurus dan lempengan jatuh, dan kemungkinan makam. Batu-batu itu bobotnya beberapa ton dan tingginya 2,7 meter. Orang zaman batu yang tak dikenal menanam kompleks 6.000 hingga 6.500 tahun lalu, sehingga menjadikannya penyelarasan astronom tertua megalitik yang pernah ditemukan.

Foto satelit mengonfirmasi bahwa salah satu baris mengarah ke timur-barat, dan lempengan tertentu di dalam lingkaran berbaris di arah utara-selatan. Dua jalur tambahan terdiri dari lebih banyak monumen batu yang dimulai di megalit yang sama, tetapi satu berjalan ke timur laut dan yang lainnya tenggara.

Batu-batu itu menandai titik balik matahari musim panas dan mungkin musim hujan. Nabta Playa dibangun di tepi danau dan sebagian terendam selama musim panas dan musim gugur. Penguburan ternak dan barang sehari-hari ditemukan di lokasi, namun tak ada sisa-sisa manusia.

Nabta Playa mengganggu kepercayaan yang diterima terhadap sejarah Mesir. Pembangun waktu yang lebih maju dari sebelumnya diyakini dan bahkan mungkin merupakan satu budaya yang mengilhami kompleks Mesir dinasti Firaun.

Atacama Nitrates

Charles Darwin menyebut gurun Atacama sebagai tempat di mana tidak ada yang bisa eksis. Padang pasir Amerika Selatan ini dianggap sebagai tempat paling kering di planet ini dan beruntung jika curah hujan di atas 1 milimeter setahun. Tapi, ada sesuatu yang berkembang di sana, deposit nitrat dan yodium paling banyak di dunia.

Ini merupakan misteri mineral yang tak seperti yang lainnya. Bakteri yang dibutuhkan untuk pembentukan deposit nitrat dan yodium tak ada di sana, namun nitrat Atacama membentuk garis berkerak sekira 700 milimeter dan lebar 20 kilometer.

Penjelasan yang mungkin untuk sabuk nitrat kolosal ini mencakup spekulasi bahwa mineral tersebut datang dengan bantuan semprotan laut Samudra Pasifik sejauh 50 km, nitrogen atmosfer berubah menjadi nitrat dengan mengikat tanah dan garam, dan air tanah kaya mineral kuno yang dipaksakan ke permukaan selama bangkitnya gunung-gunung setempat. Saat ini, teori air tanah dianggap paling mungkin, namun tak ada yang terbukti tanpa keraguan.

Lingkaran Peri

Di gurun Namibia, jutaan lingkaran ditemukan. Tepi lingkaran dilapisi rumput setinggi lutut, tetapi tak ada yang tumbuh di pusat bahkan saat tanah yang dibuahi ditambahkan. Misteri seputar asal mula cincin alami ini telah mengilhami banyak teori selama beberapa dekade, namun tak ada yang bisa memuaskan semua orang di komunitas ilmiah.

Beberapa menduga bahwa lingkaran itu karya rayap, burung unta pasir dan zebra, tanaman berbahaya dan jamur membunuh petak rumput bundar, gas tanah, rumput yang bersaing, dan kadar nutrisi yang tersedia di dalam tanah.

(din)

Baca Juga

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia