DO YOU KNOW: Kelelawar Sering Tabrak Benda dengan Permukaan Halus, Kok Bisa?

DO YOU KNOW: Kelelawar Sering Tabrak Benda dengan Permukaan Halus, Kok Bisa?

(Foto: Whyflies)

JAKARTA - Pernahkah Anda tak sengaja menabrak pintu kaca? Kelelawar mengalami hal tersebut lebih sering. Mengapa demikian?

Berdasarkan studi terbaru, mamalia terbang itu ternyata tak mampu mengenali benda yang memiliki posisi vertikal serta memiliki permukaan yang halus sebagai rintangannya.

Studi tersebut dilakukan pada kelelawar telinga tikus (Myotis myotis) saat diuji coba melewati pelat besi secara vertikal.

Seperti dikutip dari Science Mag, Senin (11/9/2017), dari 21 kelelawar yang diuji coba, 19 kelelawar di antaranya menabrak rintangan tersebut. Studi ini juga mengungkap bahwa mereka masih bisa menghindar saat menemui dinding atau benda lain.

Tabrakan juga terjadi saat para ilmuwan menempatkan pelat besi di luar gua dengan menguji coba tiga jenis kelelawar yang berbeda. Hasilnya masih sama, mereka tak mampu menghindari rintangan tersebut.

"Ini karena permukaan yang halus membatasi kemampuan hewan ini untuk menggunakan sistem echo-lokasi mereka untuk menavigasi kegelapan," ungkap para ilmuwan.

Diketahui bahwa kelelawar memancarkan suara berfrekuensi tinggi dan menggunakan gema yang memantul untuk menemukan rintangan di sekitarnya. Gema yang seharusnya memantul kembali ke arah kelelawar malah memantul ke arah lain saat menemui pelat halus.

Atas temuan itu, saat ini para ilmuwan sedang menganalisis apakah jendela atau permukaan halus buatan manusia lainnya dapat menimbulkan ancaman ekologis bagi kelelawar, dan bagaimana hewan ini dapat belajar menghadapinya.

(kem)

Baca Juga

Nih Rahasia di Balik Jejak Kaki Kuno yang Tertinggal

Nih Rahasia di Balik Jejak Kaki Kuno yang Tertinggal