Techno Trick: Nih! Cara Mudah Nonaktifkan Fitur Autoplay Video pada Media Sosial

Techno Trick: Nih! Cara Mudah Nonaktifkan Fitur Autoplay Video pada Media Sosial

(Foto: Macrumors)

JAKARTA – Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin menonaktifkan autoplay video pada laman media sosial. Jika menggunakan sambungan Wi-Fi, mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah bagi Anda.

Tetapi jika menggunakan data seluler, maka hal tersebut akan menguras jumlah data seluler tanpa disadari. Mematikan autoplay video pada media sosial Anda mungkin akan mengurangi jumlah data yang digunakan saat membuka laman media sosial.

Dilansir dari Gizbot, ini beberapa langkah mudah untuk mematikan fitur autoplay video pada media sosial Anda dari sistem Android maupun iOS.

Twitter

Bagi Anda pengguna media sosial Twitter yang menggunakan perangkat Android, Anda bisa memilih menu setting pada bagian profil yang ada pada bagian kiri atas layar. Kemudian pilih menu Data, dan masuk pada pilihan Video Autoplay, lalu pilih Never dan secara otomatis akan mematikan fitur autoplay video ketika Anda berada pada laman Twitter.

Tidak berbeda dengan pengguna perangkat Android, pengguna iOS dapat pergi ke menu Setting yang bisa ditemukan ketika Anda mengklik ikon putaran roda. Kemudian pilih menu Data dan klik Video Autoplay, kemudian pilih Never.

Facebook

Bagi pengguna iOS, klik tiga garis horizontal yang terdapat pada sudut kanan atas aplikasi. Lalu pilih menu Setting dan Account Setting, kemudian pergi ke menu Video and Photos. Setelah itu, Anda harus memilih menu ‘Never Autoplay Video’.

Tak berbeda dengan pengguna iOS, langkah pertama bagi pengguna sistem Android adalah klik 3 garis horizontal yang terdapat pada sudut kanan atas aplikasi. Kemudian pilih Setting, lalu cari menu Autoplay dan Anda dapat memilih menu ‘Never Autoplay Videos’. Setelah selesai Anda tidak perlu khawatir data seluler Anda akan berkurang dengan cepat.

Instagram

Instagram merupakan media sosial yang paling banyak menguras data seluler para penggunanya, terlebih lagi ketika video yang dibagikan diputar secara otomatis. Bagi para pengguna perangkat Android, Anda bisa pergi ke halaman profil dan mengklik ikon 3 titik vertikal yang terdapat pada sudut kanan atas aplikasi.

Kemudian Anda pilih menu Data Seluler, lalu aktifkan fitur Use Less Data. Fitur ini akan secara otomatis menghentikan penggunaan data yang tidak terlalu diinginkan oleh pengguna aplikasi sehingga dapat mengurangi pemakaian data seluler secara otomatis.

Untuk para pengguna perangkat iOS, Anda dapat mengklik ikon yang terdapat di pojok kanan Instagram. Lalu Anda bisa memilih jenis jaringan apa yang diinginkan untuk Autoplay Video, jangan lupa untuk mengklik on Wi-Fi Connections Only.

(ahl)

Baca Juga

Instagram Live Kini Bisa Pakai Filter Unik, Nih Caranya!

Instagram Live Kini Bisa Pakai Filter Unik, Nih Caranya!