Keren! Aurora Borealis Bikin Cantik Langit Finlandia

Keren! Aurora Borealis Bikin Cantik Langit Finlandia

Ilustrasi Foto : NASA

MICHIGAN – Begitu cantik nan indah, fenomena alam aurora memang kerap kali ditunggu. Fenomena ini menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet.

Diketahui, akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari.

Di Bumi, aurora kerap terjadi di daerah sekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis. Fenomena tersebut juga baru-baru ini terjadi secara nyata.

Baca Yuk: Astaga! Diam-Diam Ternyata Alien Bisa Memantau Bumi

Cahaya-cahaya hijau, ungu, pink dan kuning menari di seluruh langit saat aurora borealis tampil mencolok di bagian utara Finlandia pada Jumat pagi waktu setempat.

Majalah perjalanan All About Lapland mengunggah video yang menunjukkan pertunjukan cahaya mengesankan yang terlihat dari Pallas, di daerah Muonio, menambahkan bahwa pemandangan pada skala itu jarang terlihat.

Baca Yuk: 3 Misteri soal Gurun Ini Belum Terpecahkan, Apa Saja?

Cahaya Utara atau aurora borealis terjadi akibat tabrakan antara partikel-partikel bermuatan listrik dari matahari yang memasuki atmosfer Bumi. Badai geomagnetik kuat ada di balik pertunjukan mempesona di Finlandia pekan ini.

Fenomena yang dikenal sebagai aurora borealis, atau Cahaya Utara, di belahan Bumi utara ini disebut aurora australis atau Cahaya Selatan di belahan Bumi selatan. Demikian dinukil dari ANTARA, Sabtu (9/9/2017).

Baca Yuk:  Hebat! Kecerdasan Buatan Bisa Tebak Orientasi Seksual Manusia

(kem)
Berita Rekomendasi Fenomena Unik

Baca Juga

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia