Wapres Jusuf Kalla Hadir di Perhelatan KTT OKI, Bahas Apa?

Wapres Jusuf Kalla Hadir di Perhelatan KTT OKI, Bahas Apa?

(Foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla turut serta dalam perhelatan konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja sama Islam (KTT OKI) di Astana, Kazakhstan, pada Minggu (10/9/2017).

Pertemuan tersebut dibuka oleh Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev yang juga dihadiri oleh 12 kepala negara anggota OKI.

Seperti di antaranya Presiden Iran Hassan Rouhani, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, Presiden Bangladesh Abdul Hamid, Presiden Guinea Alpha Conde, Presiden Republik Islam Pakistan Mamnoon Hussain serta Presiden Mauritania Mohamed Ould Abdel Aziz.

Perhelatan KTT OKI kali ini mengusung tema tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Presiden Kazakhstan berharap acara tersebut bisa berjalan dengan baik.

"Terima kasih telah berkunjung ke negara kami. Saya sebagai kepala negara dan kepala summit ini berharap summit ini bisa berjalan dengan baik. Summit yang mengangkat tema sains dan teknologi ini kami buka," ujar Presiden Nazarbayev dikutip dari Antara, Senin (11/9/2017).

Pada kesempatan ini Wakil Presiden Jusuf Kalla tak memberikan sambutannya. Meski demikian, selain IPTEK, Presiden Nazarbayev juga sempat menyinggung beberapa tantangan yang dihadapi negara muslim seperti terorisme dan tindak kejahatan terhadap kaum muslim.

Nazarbayev juga mengatakan kepeduliannya terhadap masalah yang dihadapi Myanmar saat ini terkait Rohingya. Ia rencananya akan membuka komunikasi untuk membantu penyelesaian krisis di Myanmar.

Perhelatan KTT yang pertama soal IPTEK itu digelar selama dua hari yakni mulai Minggu, 10 September 2017, hingga hari ini, Senin, 11September 2017 dan akan mengahasilkan Deklarasi Astana.

(kem)

Baca Juga

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?