Daftar 4 Badai yang Pernah Porak-porandakan Bumi, Apa Saja?

Daftar 4 Badai yang Pernah Porak-porandakan Bumi, Apa Saja?

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Badai menjadi salah satu bencana alam yang cukup mengerikan di antara bencana-bencana alam yang ada. Bahkan, terdapat badai yang berhasil merusak Bumi.

Dengan kekuatan yang cukup besar, badai tersebut berhasil memporak-porandakan Bumi dan bahkan menyebabkan kerusakan. Apa saja badai terkuat yang menyebabkan kerusakan di Bumi? Berikut ini daftarnya seperti dikutip Howstuff Works, Senin (11/9/2017).

Super Typhoon Nina

Bencana ini terjadi pada 1975. Kekuatan destruktif Nina yang tak ada bandingannya bukan berasal dari anginnya tapi dari bencana banjir yang dipicunya. Memang, topan ini telah menghabiskan sebagian besar kekuatannya untuk melintasi pegunangan utama Taiwan dan melemahkan badai tropis saat menyerang China. Saat terhenti di daratan, Nina menurunkan hujan setebal 42 inci dalam 24 jam.

Banjir yang diakibatkannya meruntuhkan bendungan Banqiao dan menghancurkan lebih dari 60 bendungann lainnya bersamaan dengan itu.

Badai Galveston

Pada 8 September 1900, Galveston, Texas diterjang bencana alam paling mematikan yang pernah menyerang wilayah AS. Sehari sebelum terjadi, kota kepulauan tersebut, yang terletak persis di lepas pantai Texas di Teluk Meksiko merupakan tempat 37.000 orang dan prospek ekonomi cerah. Keesokan harinya, populasinya turun menjadi 31.000, dan kota ini mengalami kerugian jutaan dolar.

1 / 2

Baca Juga

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia