Nih, Cara Kerja Teknologi Pengenalan Wajah di iPhone

Nih, Cara Kerja Teknologi Pengenalan Wajah di iPhone

(Foto: The Next Web)

JAKARTA - Salah satu fitur yang santer diberitakan akan hadir di iPhone 8 atau iPhone X ialah Face ID. Fitur tersebut merupakan alat pemindai untuk mendeteksi wajah pengguna saat membuka kunci layar smartphone.

Peran pengenalan wajah sendiri dikatakan sebagai pengganti Touch ID yang kabarnya ditiadakan di iPhone terbaru kali ini. Sempat akan dipindahkan ke bagian belakang, ternyata penerapan Touch ID lebih sulit dari yang diperkirakan.

Analis dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo, menjelaskan bagaimana fitur pengenalan wajah iPhone dapat bekerja. Seperti yang dilaporkan oleh Phone Arena, Selasa (12/9/2017) berikut ini.

Baca juga: Raksasa Ponsel asal AS Gelar Event 12 September, Apa Itu?

Kuo menjelaskan bahwa Face ID akan bergantung pada empat komponen seperti struktur pemancar cahaya, struktur penerima cahaya, sebuah kamera depan, dan juga sensor proximity. Sementara sensor yang digunakan untuk Face ID ditemukan di bagian 'Notch' di atas layar.

Struktur penerima cahaya mengumpulkan informasi yang dikombinasikan dengan foto yang diambil melalui kamera depan untuk menghasilkan gambar 2D. Gambar yang dihasilkan tersebut kemudian diproses oleh algoritma untuk diubah menjadi gambar 3D dan digunakan untuk pemindaian wajah.

Sementara sensor proximity berfungsi untuk memperingatkan pengguna saat mereka memegang gawai tersebut terlalu jauh atau terlalu dekat. Sehingga sensor ini bekerja untuk memastikan agar pengguna bisa memosisikan iPhone X secara tepat.

Baca juga: Acungi Jempol! Asisten Digital Siri Selamatkan Remaja saat Badai Harvey

Menurut Kuo, semua model iPhone X diprediksi akan memiliki kelir hitam, putih, dan emas. Meski memiliki beberapa warna, namun di bagian kaca depan akan memiliki lapisan berwarna hitam guna menyembunyikan sensor.

Sensor cahaya yang dimiliki iPhone mendukung teknologi true tone display yang awalnya diperkenalnya pada 2016. Sensor tersebut dapat mengubah tampilan warna layar guna meningkatkan kinerja pemindaian 3D.

Keterangan Kuo juga memperjelas bahwa iPhone 8 atau iPhone X belum dapat menghadirkan sistem fingerprint di balik layarnya. Ia juga masih belum memprediksi apakah fitur tersebut akan hadir pada 2018 mendatang.

(kem)

Baca Juga

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?