Waduh! Situs Informasi Film Digugat Rp26 Juta, Kenapa?

Waduh! Situs Informasi Film Digugat Rp26 Juta, Kenapa?

(Foto: The Next Web)

JAKARTA - Salah satu aktris bernama Junie Hoang, menggugat IMDb karena mempublikasikan usia dia yang sebenarnya. Ia menuntut ganti rugi kepada IMDb sebesar USD1 juta atau sekira Rp13 miliar.

Karena informasi usianya terbongkar, Hoang mengaku telah dirugikan dalam sebuah peran utama. Dalam setahun Hoang mengaku hanya menghasilkan USD2.000 (sekira Rp26 juta) per tahunnya sebagai pemain film.

Dikutip dari The Next Web, Rabu (13/9/2017), persoalan umur atau disebut Ageism, memang dianggap sensitif oleh beberapa pihak di Amerika Serikat. Misalnya dalam sebuah perusahaan teknologi, usia 30 tahun telah dianggap kehilangan masa puncaknya.

Namun seiring dengan tahap kedewasaan perusahaan, para CEO dan pendiri mulai memudarkan stigma tersebut. Sayangnya hal ini masih belum dilakukan oleh orang-orang di Hollywood.

Dengan mengacu pada pendapat 'terlalu bersandar pada penampilan', merahasiakan umur aktor sama dengan menjaga aib "rekaman kencing" untuk mendapatkan tawaran bermain film. Sedangkan di Hollywood rekaman kencing masih lebih diterima dibandingkan fakta usia seorang aktris berusia 40 tahun.

Atas polemik tersebut perkumpulan artis Screen Actor Guild (SAG) pun sempat mengajukan gugatan berupa amandemen perundangan kepada pengadilan sebagai aksi perlindungan terhadap anggotanya.

Diketahui bahwa SAG memprotes IMDb karena situs tersebut telah membagikan data pribadi aktor dan aktris berupa usia mereka. Tuntutan itu diajukan ke pengadilan distrik untuk mencegah IMDb menyebarluaskan informasi yang dianggap sensitif.

Sayangnya hingga saat ini masih belum ada komentar dari pihak IMDb terkait gugatan yang dilakukan oleh perkumpulan para aktor Hollywood tersebut.

(kem)

Baca Juga

Diblokir Kominfo, Situs Nikahsirri Masih Bisa Diakses, Lelang Perawan Ternyata Andalan Situs Ini

Diblokir Kominfo, Situs Nikahsirri Masih Bisa Diakses, Lelang Perawan Ternyata Andalan Situs Ini