Duh Kasihan, Dua Lembu Laut Terdampar Akibat Badai Irma

Duh Kasihan, Dua Lembu Laut Terdampar Akibat Badai Irma

(Foto: Michael Sechler)

TALLAHASSEE - Lembu laut yang terdampar di dasar laut kering harus diselamatkan setelah badai Irma menyedor air laut menjauh dari garis pantai Florida. Lembu laut tersebut terdampar setelah topan hebat berada di dekat Teluk Sarasota.

Dilansir dari Dailymail, Senin (11/9/2017), salah satu pengguna Facebook dengan nama Michael Sechler mengunggah foto memilukan dari 2 manate atau lembu laut yang terdampar hari Minggu. Pihak berwenang yang melihat unggahan tersebut dengan cepat mengirim responden pertama di Manatee Country untuk menyelamatkan hewan malang tersebut.

Salah satu warga yang membantu menyelamatkan hewan tersebut mengatakan bahwa penyelamatan menggunakan terpal untuk mendorong mamalia seberat 227 kilogram tersebut kembali ke air. “Dengan beberapa orang dan dua lembu laut berada dalam lumpur di sebelah kanan kami. Kami menggulingkan mereka di terpal dan menyeret mereka sejauh 91 meter," ungkap Marcelo Clavijo.

Badai Irma yang sangat kuat mengubah bentuk samudra di beberapa bagian Florida, namun kemungkinan akan kembali sehari setelah badai mereda. Tekanan di pusat badai Irma yang begitu kuat menarik air dan mengeringkan laut dalam waktu sesaat.

Wakil editor cuaca dan ahli meteorology Angel Fritz menjelaskan bahwa ini mungkin akibat dari apa yang disebut tonjolan badai. Ketika badai terjadi, tekanan di tengah badai sangat rendah dan menarik air ke bagian atas badai.

Ia juga mencatat bahwa angin bertiup dari garis pantai di hari Sabtu, oleh karena itu air tidak mengisi lautan dan video yang abadikan warga menjadi viral menunjukkan Long Island di Bahama. Beberapa pengguna Twitter khawatir sejak garis pantai menjadi surut dan memperlihatkan dasar laut yang mengering menjadi pertanda tsunami yang mendekat.

(ahl)

Baca Juga

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia