Waduh! Saham Apple Turun Setelah Pengumuman iPhone 8 dan iPhone X

Waduh! Saham Apple Turun Setelah Pengumuman iPhone 8 dan iPhone X

(Foto: The Technews)

JAKARTA - Apple baru saja menggelar pesta besar untuk menyambut kehadiran tiga model iPhone terbaru di Steve Jobs Theatre, Selasa (12/9/2017), waktu Amerika Serikat.

Ketiga model yang diperkenalkan ialah iPhone 8, iPhone 8 Plus, serta iPhone X. Semuanya diperkenalkan langsung oleh sang CEO, Tim Cook dari atas panggung belatar layar lebar.

Meski mendapat antusiasme para Apple Fanboy (sebutan untuk penggemar produk Apple), ketiga model iPhone itu tampaknya tak disambut baik oleh pasar, khususnya pemilik saham.

Baca juga: Akhirnya! iPhone 8 dan iPhone X Terungkap Jadi Pesaing Galaxy S8

Dikutip dari CNBC, Rabu (13/9/2017), saham Apple memang sempat naik saat acara pengumuman iPhone baru dimulai. Awalnya harga per lembar saham Apple senilai USD161,37.

Saat Tim Cook mulai menjelaskan soal iPhone, sahamnya mulai naik menjadi USD163,75 per lembar saham. Hal ini juga membuat nilai perusahaan menjadi lebih tinggi miliaran dolar.

Sayangnya, saat Tim Cook dan para eksekutif Apple menjelaskan detail iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X, harga sahamnya mengalami penurunan.

Baca juga: Jadi Pesaing Galaxy S8, Berapa Harga iPhone 8 dan iPhone X?

Saham Apple kemudian berubah menjadi senilai USD160,20 per lembar setelah acara pengumuman ketiga model iPhone tersebut usai. Meski demikian ini masih mendekati rekor harga saham sebelumnya.

Saat acara itu usai, Apple masih mempertahankan nilai perusahaan sebagai yang paling berharga di dunia sebesar USD837,6 miliar.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sendiri akan bisa dipesan dan dipasarkan pada September ini, sedangkan iPhone X jauh lebih lambat yakni bisa dipesan pada Oktober dan dijual pada November mendatang.

(kem)

Baca Juga

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?