Makin Banyak! Android Nougat Mulai Tinggalkan KitKat

Makin Banyak! Android Nougat Mulai Tinggalkan KitKat

(Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Google selalu memiliki versi terbaru untuk sistem operasi Android. Seperti baru-baru ini, perusahaan yang berbasis di California itu memperkenalkan Android 8.0 yang dinamakan Android Oreo.

Hadirnya sistem operasi terbaru, turut mengurangi versi sebelumnya yang telah mulai melakukan pembaruan atau beralih perangkat lain yang lebih baru. Seperti yang dilaporkan Android Authority, Rabu (13/9/2017), OS Android versi lawas seperti KitKat telah mampu dilewati oleh versi Nougat.

KitKat mengalami penurunan sebesar 0,9%, disusul oleh Android versi lainnya seperti Gingerbread dan Ice Cream Sandwich yang menurun 0,1%, Jelly Bean 0,7% dan Marshmallow 0,1%.

Saat ini posisi Android Nougat 7.0 telah mengalahkan populasi dari Android KitKat dengan pertumbuhan 12,3% menjadi 14,2%. Sedangkan untuk versi pembaruannya, Nougat 7.1.1, memiliki peningkatan dari 1,2% menjadi 1,6%. Jika dijumlahkan, Nougat kini mengumpulkan populasi sebanyak 15,8%.

Sementara itu Android KitKat memiliki populasi sebanyak 15,1% dan berada di bawah Android Marshmallow serta Nougat.

Dari semua sistem operasi Android yang telah dirilis Google, versi Marshmallow menjadi yang paling banyak digunakan saat ini. Android 6.0 itu saat ini memiliki populasi sebanyak 32,2%.

Android Nougat sendiri pertama kali hadir melalui smartphone LG V20 pada September 2016. Dalam sebulannya OS ini memiliki pertumbuhan rata-rata 1% atau 2%. Namun seiring hadirnya smartphone baru seperti Galaxy Note 8 dan LG V30 Nougat diprediksi akan mengalami pertumbuhan dalam beberapa bulan ke depan.

(kem)

Baca Juga

Diblokir Kominfo, Situs Nikahsirri Masih Bisa Diakses, Lelang Perawan Ternyata Andalan Situs Ini

Diblokir Kominfo, Situs Nikahsirri Masih Bisa Diakses, Lelang Perawan Ternyata Andalan Situs Ini