Ngeri! Ini Bentuk Semut 'Neraka' Paling Menakutkan yang Sudah Punah

Ngeri! Ini Bentuk Semut 'Neraka' Paling Menakutkan yang Sudah Punah

Foto: Barden et al., Syst Entomol (2017)

TRENTON - Para ilmuwan telah menemukan jenis baru dari semut neraka. Semut neraka ini merupakan spesies dengan mulut mengerikan yang diperkuat dengan logam dan menggunakannya untuk meminum darah musuh.

Dilansir dari Sciencealert, Selasa (12/9/2017), serangga-serangga ini telah punah untuk sementara waktu, namun spesimen kuning baru berusia 98 juta tahun ini telah mengungkapkan detail spesies prasejarah yang menakjubkan. Linguamyrmex vladi yang baru dijelaskan termasuk dalam kelompok yang dikenal sebagai 'semut neraka' atau haidomyrmecines.

L. vladi merupakan sekelompok semut punah yang hidup pada periode Cretaceous dan ditandai dengan mulut aneh yang bergerak secara vertical. Semut neraka sebenarnya bukanlah nenek moyang dari mahkluk kecil yang manusia lihat sekarang.

Mengingat betapa mengerikannya rahang yang dimiliki semut neraka, manusia sekarang dapat bersyukur karena semut yang ditemui hanya semut peluru dan semut api. L. vladi menggunakan rahang mirip pisau yang mengarah ke atas sebagai pertahanannya yang tidak bisa ditemui pada semut yang ada sekarang.

Semut ini memiliki sesuatu seperti dayung di atas rahangnya dan diperkirakan untuk menahan mangsa pada saat semut mendorong mandibula ke dalam tubuh mangsanya. Para periset yang dipimpin oleh Phillip Barden dari New Jersey Institute of Technology, menemukan saluran mirip tabung antara rahang bawah.

Mereka memperkirakan semut neraka menyedot makanan mereka daripada mengunyahnya, karena rahang yang aneh tidak akan benar-benar mengakomodasi untuk mengunyah makanannya. "Mandibula dan dayung Linguamyrmex mungkin berfungsi untuk menusuk mangsa berbadan lunak dan memberi makan pada hemolymph," ungkap tim peneliti.

Spesimen tersebut ditemukan di kuburan amfetnya di samping seekor larva kumbang besar, yang merupakan mangsa berbadan sempurna untuk pemangsa penghisap cairan seperti ini. Pemindai sinar-X dari spesimen kuning yang mengungkapkan bahwa bagian bawah tanduk di atas kepala semut neraka diperkuat dengan lapisan logam.

"Serangga diketahui menyerap logam - khususnya kalsium, mangan, seng, dan besi - pada ovipositor dan mandibula, untuk meningkatkan kekuatan dan mengurangi keausan," tambah peneliti.

(ahl)

Baca Juga

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia