Wow! Lemari Pendingin Ini Berisi 6 Juta Bibit Tanaman Langka di Inggris

Wow! Lemari Pendingin Ini Berisi 6 Juta Bibit Tanaman Langka di Inggris

(Foto: Associated Press Photo)

LONDON - Lemari pendingin biasa yang kokoh telah menumpahkan isinya di sebuah taman botani di pinggiran kota Boston. Isi lemari pendingin tersebut mungkin merupakan katalog benih tumbuhan terpenting di Inggris.

Dilansir dari Dailymail, Selasa (12/9/2017), lemari pendingin di Framingham merupakan paket yang tertutup rapat dan berisi sekira 6 juta bibit dari ratusan spesies tanaman. Bibit-bibit tersebut merupakan varietas langka dari kehidupan tanaman di daerah tersebut dan berada dalam garis kepunahan.

Lemari pendingin tersebut dinamakan ‘Seed Ark’ oleh the New England Wild Flower Society, karena seperti kapal Nuh dalam kitab agama yang berusaha untuk melestarikan hewan dari malapetaka. Survey masyarakat 2015 yang dilakukan terhadap lebih dari 3.500 spesies tanaman, hasilnya menunjukkan bahwa 22% tanaman semakin terancam punah atau bahkan sudah punah.

"Tanaman selalu menjadi warga kelas dua dalam hal konservasi. Tanaman tidak mendapatkan perlindungan yang sama di bawah tindakan spesies terancam federal," ungkap Bill Brumback, direktur konservasi organisasi yang selama tiga dekade telah mengawasi pengumpulan dan penyimpanan benih langka di New England.

Tim staf dan sukarelawan menjelajahi beberapa wilayah paling terpencil di wilayah ini untuk mencari tanaman seperti vets susu Jesup, spesies yang sangat langka tumbuh hanya dalam tiga kelompok kecil di sepanjang Sungai Connecticut. Setelah dikumpulkan, benih pertama kali dibawa ke sebuah fasilitas di Massachusetts barat dan dikeringkan sampai 20-30 persen kelembapan relative.

Proses pengeringan ini dilakukan untuk memastikan bahwa cairan di dalam sel benih tidak akan berkembang dan retak saat terkena suhu rendah. Benih kemudian dibawa ke Framingham, disegel dalam amplop foil dan dibekukan pada suhu -20 derajat celcius, sehingga tetap bertahan selama beberapa dekade atau bahkan berabad-abad.

“Jika kita memiliki bank benih, di masa depan kita bisa mengembalikan tanaman yang sudah punah sebagai usaha perlindungan kepunahan tanaman,” ungkap Debbi Rdelstein, direktur eksekutif the New England Wild Flower Society. Sebagai contoh, tanaman potentilla robbinsiana dikenal sebagai cinwoodfoil Robbins, tanaman yang berbunga kuning kecil yang ditemukan hanya di dekat puncak Gunung Washington New Hampshite, puncak tertinggi New England.

(ahl)

Baca Juga

Nih Rahasia di Balik Jejak Kaki Kuno yang Tertinggal

Nih Rahasia di Balik Jejak Kaki Kuno yang Tertinggal