DO YOU KNOW: Pemanasan Global Membuat Ikan Mengecil, Nih Buktinya!

DO YOU KNOW: Pemanasan Global Membuat Ikan Mengecil, Nih Buktinya!

(Foto: Live Science)

JAKARTA - Pemanasan global perlahan mulai bisa dirasakan. Selain meningginya suhu cuaca, dampaknya juga dirasakan oleh para nelayan. Dalam beberapa tahun terakhir mereka mengeluh bahwa ikan-ikan yang mereka tangkap memiliki ukuran yang lebih kecil.

Keluhan nelayan itu kemudian divalidasi pada 2014 oleh penelitian yang dilakukan pada ikan komersil seperti sole, herring, dan haddock. Dikatakan bahwa, jenis-jenis ikan tersebut semakin mengecil dalam 40 tahun terakhir.

Dikutip dari Live Science, Rabu (13/9/2017), sebuah jurnal terbaru yang dirilis dalam Global Change Biology menjelaskan bagaimana ikan-ikan tersebut semakin mengecil.

Permasalahannya ternyata pada temperatur di lingkungan hidup ikan. Temperatur yang tinggi di lingkungan ikan dapat meningkatkan reaksi biokimia yang lebih tinggi. Hal itu dapat bereaksi terhadap tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Metabolisme mengacu pada konsumsi oksigen yang juga meningkat secara alami seiring pertumbuhan ikan ke masa dewasa.

"Ketika lautan memanas, tubuh mereka juga akan melakukan hal yang sama," kata wakil penulis William Cheung, direktur sains untuk Nippon Foundation Nereus Program.

Namun saat ini pertumbuhan insang pada ikan tak selaras dengan pertumbuhan bagian tubuh lainnya. Para peneliti kemudian menamai kondisi tersebut dengan sebutan Gill-Oxygen Limitation.

Mereka memprediksi 20% hingga 30% tubuh ikan akan menyusut jika temperatur lautan terus mengalami peningkatan akibat dari pemanasan global.

(kem)

Baca Juga

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia