Akhirnya! iPhone 8 dan iPhone X Terungkap Jadi Pesaing Galaxy S8

Akhirnya! iPhone 8 dan iPhone X Terungkap Jadi Pesaing Galaxy S8

(Foto: Phone Arena)

JAKARTA - Teka-teki soal iPhone terbaru Apple akhirnya terungkap pada 12 September 2017, waktu Amerika Serikat. Berlokasi di Steve Jobs Theatre, Cupertino, California, Tim Cook memperkenalkan tiga model iPhone yang sempat tersiar melalui berbagai rumor.

Ketiga iPhone yang diperkenalkan oleh CEO Apple tersebut ialah iPhone 8, iPhone 8 Plus, serta iPhone X (ten). Peresmian ini sekaligus menepis rumor nama dari seri iPhone 7s dan 7s Plus.

Mengutip halaman Phone Arena, Rabu (13/9/2017), iPhone 8 menjadi yang paling mini di antara ketiga model iPhone lainnya. Model ini memiliki ukuran layar 4,7 inci dengan resolusi 750 x 1334 piksel. Layarnya masih menggunakan panel berteknologi IPS.

Kameranya masih sama dengan seri iPhone 7 yakni 12 megapiksel berbukaan f/1,8. Sementara dari segi performa, iPhone 8 disokong oleh CPU hexa-core A11. Adapun soal RAM, model ini menjadi yang paling rendah yakni sebesar 2 GB dan ruang internal 256 GB.

Kemudian iPhone 8 Plus menjadi penerus dari model iPhone 7 Plus dengan kamera ganda di bagian belakang. Ukurannya yakni 5,5 inci dengan resolusi full HD 1080 x 1920 piksel. Smartphone ini masih diperkuat oleh chipset A11 namun dengan kapasitas RAM 3 GB dan internal 256 GB.

Setelah memperkenalkan kedua seri iPhone 8, Tim Cook kemudian memberikan kejutan lain. Ia memperkenalkan iPhone X yang menjadi edisi ulang tahun ke-10 bagi Apple.

Istimewanya, desain dari model X ini mengusung tampilan tanpa bingkai (bezel-less) seperti yang dirumorkan belakangan ini. iPhone X nihil tombol fisik di bagian depan yang digantikan oleh teknolog pemindai wajah, Face ID.

Bagian belakangnya masih mengusung konfigurasi kamera ganda. Hanya saja, kali ini posisi modul kamera diubah menjadi vertikal dari semula horizontal di iPhone 7 Plus.

Komponennya dilengkapi dengan CPU hexa-core A11, RAM 3 GB dan ruang internal 256 GB. Tampilan layarnya memiliki luas 5,8 inci dan merupakan yang terbesar di antara iPhone 8 dan 8 Plus. Selain itu, layar yang dipakai juga berbeda dari dua model tersebut. Seperti yang dirumorkan, iPhone X ini telah dibekali layar OLED.

Ketiga model iPhone baru akan menjadi pesaing dari seri premium Samsung seperti Galaxy S8, S8 Plus serta Note 8 yang telah lebih dahulu dirilis beberapa waktu lalu.

(kem)

Baca Juga

Waduh! Resmi Dirilis, Toko iPhone 8 di Sydney Sepi Peminat

Waduh! Resmi Dirilis, Toko iPhone 8 di Sydney Sepi Peminat