• Rusia Ciptakan Robot Pembasmi Virus Corona

    Peneliti Rusia meciptakan robot pembasmi virus berbahaya. Ultrabot diklaim mampu membersihkan ruangan dari virus. Menggunakan sinar ultra violet berdosis tinggi Dalam percobaan pertamanya Ultrabot membersihkan Rusia's State Historical Museum di Moscow. Robot canggih ini mampu mendeteksi bakteri maupun virus berbahaya. Lalu membersihkan bangunan secara menyeluruh tanpa kontak manusia. Teknik yang digunakan olah Ultrabot ini dinilai lebih efisien dibandingkan penyemprotan cairan disinfektan

    19 November 2020
  • Kalahkan 10 Ribu Peserta, Pelajar Depok Juara 1 Turnamen E-Sports

    Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Pengurus Besar E-Sport Indonesia gelar lomba untuk pelajar. Lomba digelar khusus bagi pelajar di Jabodetabek. Dari 10.107 peserta, 12 tim masuk final. Total hadiah Rp500 juta. Pelajar Kota Depok juara 1 lomba ini. Hadiah yang dibawa pulang Rp120 juta.

    15 November 2020
  • Layanan YouTube Down Pagi Ini

    Layanan YouTube dilaporkan mengalami down atau tidak bisa diakses pada pagi ini. Hal ini pun menjadi pembahasan penting di media sosial. Tanda pagar YouTubeDOWN bahkan menjadi trending topic di linimasa Twitter. Hingga berita ini ditayangkan sedikitnya ada 35,8 ribu tweet mengenai YouTube Down. Kamis 12 11 2020 , laman YouTube masih bisa diakses, tapi video yang dipilih tidak bisa diputar Menurut Down Detector, YouTube down dialami di banyak negara. Di antaranya Indonesia, Malaysia, Australia, Amerika, Meksiko, Rusia, Brasil, Argentina.

    12 November 2020
  • YouTube Down Pagi Ini, Jadi Trending di Twitter

    Seseorang mencoba mengakses layanan YouTube di Jakarta, Kamis 12 November 2020. YouTube dilaporkan mengalami down atau tidak bisa diakses pada pagi ini. Hal ini pun menjadi pembahasan penting di media sosial. Tanda pagar YouTubeDOWN bahkan menjadi trending topic di linimasa Twitter. Hingga berita ini ditayangkan sedikitnya ada 35,8 ribu tweet mengenai YouTube Down. Menurut Down Detector, YouTube down dialami di banyak negara. Di antaranya Indonesia, Malaysia, Australia, Amerika, Meksiko, Rusia, Brasil, Argentina.

    12 November 2020
  • Valentino "Jebret" Nominator Caster Terpopuler eSports Awards 2020

    Industri olahraga elektronik atau eSports benar-benar lagi ranum-ranumnya. Tak hanya putaran uang yang kencang, tapi tertampungnya banyak profesi dan insan kreatif. Salah satunya adalah caster alias komentator pertandingan. Jelas banget, tanpa caster, turnamen eSports akan hambar. Nah, di sinilah Valentino Simanjuntak yang sudah akrab dengan jargon 'jebret'nya, jeli melihat peluang.

    12 November 2020
  • Pemerintah Amerika Serikat Gugat Google

    Pemerintah Amerika Serikat menggugat Google karena menilai perusahaan operator mesin pencari di internet tersebut menggunakan pasarnya untuk melemahkan para pesaing. Simak ulasannya dalam video berikut ini!

    25 Oktober 2020
  • Apple Lobi Donald Trump Usul Keringanan Pajak

    Apple mengusulkan permohonan keringanan pajak kepada Pemerintah Amerika Serikat AS . Keringanan tersebut untuk mendukung langkah Apple dalam mengembangkan produk chip di AS. Simak videonya berikut ini!

    25 Oktober 2020
  • UI Kembangkan Aplikasi Penerjemah Gerakan Bahasa Isyarat ke Teks Bahasa Indonesia

    Seorang peneliti dan dosen senior dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Fasilkom UI , Dr. Erdefi Rakun mengembangkan sebuah aplikasi mobile yang mampu mengenali, menerjemahkan dan mentransformasi video gerakan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia SIBI ke dalam teks Bahasa Indonesia. Saat ini, aplikasi tersebut telah dapat diakses melalui smartphone dengan platform Android. Pembuatan aplikasi didukung oleh sejumlah peneliti dari Lab Machine Learning and Computer Vision Fasilkom UI serta bekerja sama dengan para guru dan murid dari Sekolah Luar Biasa SLB Santi Rama yang telah menguasai SIBI. SIBI merupakan bahasa isyarat yang diakui pemerintah dan digunakan di lingkungan pendidikan formal dan media informasi sebagai bahasa pengantar untuk para penyandang tunarungu dan tunawicara. Foto : Humas dan KIP UI hru

    25 Agustus 2020
  • Pemerintah Indonesia dan Inggris Sepakat untuk Memperkuat Kerja Sama Riset dan Inovasi

    Menristek RI Bambang Brodjonegoro melakukan kerja sama dengan Menteri Iptek, Riset dan Inovasi Inggris Amanda Solloway MP pada tanggal 5 Agustus 2020. Penandatnganan MoU di saat pandemi ini dilakukan secara virtual telah menunjukkan tekad kedua negara untuk meningkatkan kerja sama, khususnya di bidang riset dan inovasi. MoU ini merupakan pelaksanaan dari Perjanjian Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan yang telah ditandatangani pada tahun 2002. Pemerintah Indonesia dan Inggris menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung peningkatan kapasitas riset dan inovasi Indonesia untuk pertumbuhan yang berkesinambungan. Kerja sama ini akan dilaukkan melalui peningkatan kerja sama antara para pembuat kebijakan di tingkat pemerintah, lembaga riset, institusi pendidikan tinggi dan perusahaan terkait. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Foto : KBRI London

    11 Agustus 2020
  • ASN Unggul Jadi Kunci Keberhasilan e-Services

    Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi PANRB Diah Natalisa saat menjadi narasumber dalam webinar bertema AI Artificial Intelligence : Sejarah dan Pemanfaatannya, Senin 20 Juli 2020. Dalam seminar daring yang digelar oleh Konsorsium Perguruan Tinggi Provider Indonesia Kopertip ini, Diah mengatakan Keberhasilan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik tidak dapat dilepaskan dari peran sumber daya manusia SDM yang unggul. Aparatur sipil negara ASN sebagai pelayan masyarakat, mutlak harus menguasai teknologi sebagai dasar mewujudkan pelayanan publik berbasis teknologi atau e-service.

    21 Juli 2020
  • Pinjam Buku dan Film Secara Online

    Goethe-Institut di Jakarta menyediakan layanan pengambilan media sehingga para anggota dapat meminjam koleksi buku dan film berbahasa Jerman di masa pandemic Covid-19. Layanan ini memungkinkan anggota perpustakaan di kawasan Jabodetabek mengambil dan mengembalikan media lewat ojek online tanpa perlu datang ke gedung Goethe-Institut Jakarta di Menteng. Selain lewat ojek online, media juga dapat diambil sendiri di gerbang depan Goethe-Institut setelah dipesan online. Foto: Goethe-Institut Indonesien dan Colourbox

    28 Juni 2020