Share

Makanan Dari Hewan Kloning Aman?

Sarie , Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2008 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2008 01 12 56 74698 kgepbHV7qv.jpg

BRUSSEL - Daging atau susu yang berasal dari hewan hasil kloning dikabarkan aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Setidaknya itu yang dilaporkan oleh Badan Keamanan Makanan Uni-Eropa.

Sayangnya, draft yang dikeluarkan EU setebal 47 halaman itu hanya menyediakan data terbatas menyangkut hewan kloning. Hal ini mengakibatkan mereka harus mengadakan konsultasi lebih lanjut dengan para ilmuwan dan konsumer grup yang terkait dengan keputusan ini.

Badan organisasi yang berpusat di Itali itu bertugas menyelidiki resiko-resiko yang dapat muncul jika manusi mengkonsumsi makanan dan minuman yang berasal dari hewan kloningan.

"27 negara yang tergabung dalam uni-eropa belum memiliki regulasi yang menghalalkan penggunaan bahan makanan dan minuman yang berasal dari hewan kloning. Komisi uni-eropa hanya ingin memberikan kemudahan dan peraturan yang jelas atas hal ini agar bisa dijadikan rujukan bagi negara-negara anggota kami," ujar Nina Papadoulaki juru bicara komisi uni-eropa bidang kesehatan, seperti dikutip Associated Press, Sabtu (12/1/2008).

Di beberapa negara di luar uni-Eropa mulai mengkaji peraturan yang membolehkan konsumsi pakan dari ternak kloning. Amerika misalnya, akan mulai mengeluarkan peraturan tersebut pada tahun ini berdasarkan poling yang diadakan tahun 2006 lalu. Hasilnya menunjukkan bahwa 64 persen masyarakat Amerika mengaku tidak nyaman dengan hewan kloning.

Isu ini pun sedang dikaji lebih lanjut di beberapa negara seperti Australia, New Zealand, Jepang dan Kanada.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini