Share

Baca Komik, Bisa Langsung Dari Ponsel

Sarie , Jurnalis · Senin 04 Februari 2008 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2008 02 04 54 80829 HD8KpcZlTC.jpg Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja (kanan) bersama Direktur Niaga Telkomsel Richard Tan (kiri) dan sesepuh komik Indonesia R.A. Kosasih (tengah) meresmikan peluncuran layanan m-Komik, menandai hadirnya inovasi layanan komik di ponsel pertama ka

JAKARTA - Setelah sempat terpuruk dan kehilangan gaung, komik akhirnya muncul kembali dalam sebuah format yang berbeda. Komik dapat dinikmati dalam layar ponsel.

Format digital yang diusung oleh Telkomsel, bekerja sama dengan inTouch dan Komunitas Komik, ini memungkinkan para pecinta komik untuk dapat mengakses komik lebih cepat dan mendapatkannya dalam bentuk softcopy berbayar.

Pengguna seluler yang mencapai angka 90 juta diharapkan dapat membangkitkan kembali gairah masyarakat dalam membaca komik. Bahkan menurut data yang dimiliki Telkomsel melalui Impress R&D Tokyo, pada tahun 2006 pelanggan di Jepang menghabiskan sekira USD20 juta untuk melihat manga (komik khas Jepang) di ponselnya. Sedangkan NTT Solmare, perusahaan pengelola website komik terbesar di Jepang mencatat penjualan 10 juta episode setiap bulannya.

Untuk mendapatkan M-Komik, pengguna harus mendapatkan aplikasi terlebih dahulu melalui SMS ke 9800. Nantinya pengguna diarahkan langsung ke sebuah link untuk melakukan download aplikasi. Ponsel apa saja, baik yang memiliki aplikasi Java atau Symbian, mampu dijadikan sebagai sarana untuk membaca komik. Biaya yang dibandrol untuk komik-komik tersebut berkisar Rp.3000 hingga Rp.8000 tergantung besaran file yang di download. Sedangkan sebagai sarana koneksi, pengguna tetap dibebankan biaya GPRS normal, yaitu sekira Rp.12 per kilobyte.

"Kami berharap layanan ini dapat sekaligus membantu perkembangan industri komik lokal di Indonesia karena layanan ini merupakan murni hasil karya anak bangsa baik dari sisi aplikasi maupun kontennya," ujar Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja, saat peluncuran berlangsung, Senin (4/2/2008).

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini