Axis SeTan Ternyata Benar!

Sarie , Jurnalis · Sabtu 10 Mei 2008 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2008 05 10 54 108036 VlBpmKBwtL.jpg

JAKARTA - Rumor tentang Axis SeTan ternyata benar adanya. Dan hal ini dikemukakan langsung oleh para pengguna Axis yang sering menggunakan simcard GSM ini untuk berinternet.

Sebelum PT Natrindo Telepon Seluler merilis Axis, rumor mengenai produk GSM ini cukup marak. Salah satunya adalah Axis yang diklaim sebagai media perantara gereja setan untuk mencari korban atau tumbal. Padahal setelah ditelusuri Okezone, Axis SeTan merupakan istilah dari para pengguna Axis yang artinya Senang interneTan (SeTan).

"Orang bilang Axis SeTan, memang benar. Artinya seneng internetan karena kalau pakai Axis untuk surfing internet di ponsel performanya cukup cepat," ujar Andi dalam pertemuannya dengan Okezone beberapa waktu lalu. Andi adalah seorang pegawai swasta di kawasan Kuningan yang telah memakai Axis dua hari sebelum PT NTS merilis Axis pada tanggal 23 April kemarin.

Performa internet Axis ini memang cukup relevan. Teknologi Axis yang berada di 2,75G menyebabkan simcard ini memiliki kekuatan EDGE. Dalam teorinya kecepatan teknologi EDGE mencapai 153kbps dan EDGE Axis dikabarkan mampu berjalan dengan performa hingga 15 kilobits persecond (kBps) atau sama dengan 120 kilobytes persecond (kbps). Sedangkan kecepatan 3G Axis secara prakteknya mampu mencapai 400 kbps. Namun angka performa ini sepertinya masih berbeda-beda di setiap wilayah mengingat cakupan Axis masih belum merata di seluruh wilayah di Indonesia.

Usut punya usut, kecepatan internet Axis ini dikarenakan kapasitas jaringannya yang masih lowong. Axis merupakan operator baru yang belum terlalu banyak memiliki pelanggan. Trafik yang belum terlalu padat ini membuat akses internet Axis pun berjalan lancar.

Berdasarkan hasil kajian Ditjen Postel dengan menggunakan basis data SMF (sistem informasi manajemen frekuensi), Axis memiliki jumlah frekuensi radio DCS 1.800 sebesar 15Mhz atau setara dengan 3 blok. Satu blok memiliki kapasitas 5 Mhz dan dapat terbagi lagi menjadi beberapa kanal. Satu kanal tersebut idealnya dapat melayani sekira 2 jutaan pelanggan.

Dengan posisi Axis sebagai operator baru yang pelanggannya masih setara dengan jumlah karyawan Natrindo (Lippo Telecom), ditambah keluarga karyawan, paling-paling jumlah pelanggannya hanya ratusan sehingga wajar jika Axis disebut SeTan, Axis Seneng InterneTan.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini