Remaja Tak Suka Dikontrol Oleh Ford

Magfirah Ahdarini Sipahutar, Jurnalis · Kamis 09 Oktober 2008 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2008 10 09 55 152369 i2yg5KF0HC.jpg Pabrik Ford pertama di Detroit

DETROIT - Fitur pengaman dengan nama MyKey yang bakal dipasang di mobil keluaran Ford direncanakan akan menjadi fasilitas standar untuk beberapa model kendaraan yang diproduksi Ford.

Batas kecepatan yang ditetapkan untuk pengaman otomatis ini sebenarnya sudah dinaikkan dari angka 70 mph, yang notabene merupakan batas kecepatan yang diperbolehkan di jalan tol di beberapa negara bagian, menjadi 80 mph. Pertimbangan itu diambil dengan estimasi adanya situasi tak biasa yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu dan membutuhkan kecepatan lebih tinggi dalam menghadapinya.

Sayangnya, niat baik Ford untuk melindungi pemakai belianya tidak disambut hangat oleh kalangan remaja itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian pasar yang dibuat Ford, 67 persen remaja tidak menyukai perlindungan semacam MyKey, sedangkan 75 persen orangtua malah menyukainya.

"Saya tidak ingin orangtua saya mengontrol saya sejauh itu hingga merembet ke masalah bagaimana saya menyetir. Bila orangtua selalu melarang, maka kami tak pernah belajar," papar seorang gadis berusia 16 tahun dari Southfield-Lathrup High School, Danisha Williams.

Nada keberatan lain juga datang dari Brittany Hawthorne yang berpendapat bahwa bila sedang berada dalam keadaan genting, mengebut dengan kecepatan di ata8 80 mph bisa saja menjadi cara penyelamatan diri.

Tak hanya untuk mencegah kecelakaan, Ford sebelumnya sebelumnya juga sudah menanamkan chip komputer ke dalam kunci kendaraan untuk mencegah pencurian mobil. Dengan teknologi pintar itu, mobil tak akan bisa menyala bila tak mengenali chip yang ada di kunci mobil.

Menanggapi inovasi pengaman ini, beberapa asuransi malah berpikiran untuk menawarkan kamera pengawas atau peralatan penunjuk navigasi yang bisa membantu orangtua memonitor kebiasaan anak-anak remaja dalam menyetir, dengan harapan angka kecelakaan makin bisa dikurangi.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini