Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inilah 5 Blogger Asing Pesta Blogger 2008

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Senin 03 November 2008 11:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2008 11 03 55 160071 h9V7FxxBjV.bmp

JAKARTA - Akhirnya setelah melewati seleksi. Lima blogger asing yang akan meramaikan Pesta Blogger 2008 resmi diumumkan, dari kelima blogger tersebut hanya dari Hongkong yang masih belum diketahui namanya.

Yang pertama adalah Jeff Ooi dengan blog www.jeffooi.com. Blogger asal Malaysia ini merupakan news blogger yang paling terkenal di Malaysia. Dia adalah salah satu blogger pertama yang menggunakan kekuatan blog untuk mendobrak kekangan Pemerintah Malaysia terhadap surat kabar dan media tradisional lainnya. Yang istimewa, Jeff Ooi berhasil meraih kursi parlemen pada pemilu Malaysia pada Maret 2008 melalui blognya.

Bahkan blognya selalu dikunjungi sedikitnya 200 ribu orang dan 250 ribu page view per bulannya. Dia juga pernah memenangkan penghargaan 'Reporters sans Frontier† Freedom Blog Award for Asia. Beberapa waktu lalu dia juga pernah diundang sebagai pembicara di Harvard University dan The World Summit on the Information Society (WSISS).

Lee Kin Mun yang ditahbiskan sebagai Bapak Blogger Singapura juga turut hadir di hajatan terbesar bagi para blogger itu. Lee Kin Mun yang di dunia maya dikenal dengan nama Mr Brown, mempuyai blog www.mrbrown.com. Blogger asal negeri Singa ini cerdas dalam memadukan komedi dengan pendapatnya tentang politik yang terkenal kaku di negaranya.

Seorang koki asal Amerika Serikat yang bernama Mark Tafoya rupanya tertarik juga untuk hadir di Indonesia. Mark yang selain seorang koki, juga produser eksekutif dari blog kuliner bernama www.culinarymedianetwork.com, yang menampilkan videocast mengenai berbagai jenis makanan dari berbagai penjuru dunia. Dia mengaku akan memperkenalkan budaya Indonesia melalui tradisi kulinernya, karena makanan adalah bagian penting dari budaya.

Dan yang keempat pihak penyelenggara memilih Anthony Bianco untuk mewakili blogger asal Australia. Melalui blognya www.nickbowditchtravel.com, dia menceritakan tentang pengalamannya berpergian ke hampir 40 negara di 6 benua. Kehidupannya sebagai penjelajah sejati, menempatkan dia sebagai satu-satunya dari empat blogger yang lain sebagai Blogger Travel.

"Kami memiliki jajaran blogger asing terkemuka dengan ketertarikan yang berbeda-beda, yang akan turut serta dalam 'blogging trip' dan berpartisipasi dalam Pesta Blogger untuk mendiskusikan kesan-kesan mereka terhadap komunitas blogger lokal di Indonesia," kata Wicaksono, Chairman Pesta Blogger 2008, melalui keterangan resminya yang diterima Okezone, Senin (3/11/2008).

Pria yang akrab dipanggil Ndorokakung ini berharap akan terjadi pertukaran ide yang bermanfaat antara blogger asing dan blogger Indonesia. Apalagi Jeff Ooi yang meniti karir menjadi seorang politisi dari blog tentu akan menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat.

Blogger dari Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, dan Australia akan tiba di Indonesia pada 17 November mendatang, dan seluruh biaya perjalanan mereka untuk mengikuti 'blogging trip' ini telah ditanggung. Selama mengikuti blogging trip di tiga daerah yang telah disebutkan di atas, mereka akan bertemu serta berinteraksi langsung dengan komunitas blogger lokal, dan melihat-lihat berbagai tujuan wisata kultural/historis serta kekayaan potensi pariwisata di Indonesia.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini