Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Blogger AS: Klepon is Good

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Senin 17 November 2008 17:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2008 11 17 55 164970 q9T2aUoF5m.jpg

DENPASAR - Rangkaian acara Pesta Blogger 2008 telah dimulai hari ini. Pembukaan hajatan ini ditandai dengan kehadiran lima blogger asing yang telah hadir di Bali untuk berkeliling di sejumlah Objek Wisata di Pulau Dewa tersebut.

Blogger pertama yang menginjakkan kakinya di Bali adalah Mr Brown, blogger asal Singapura tersebut sebelumnya memang telah datang terlebih dahulu ke Bali bersama dengan istrinya. Selain itu juga ada blogger yang juga seorang koki asal Amerika Serikat, Mark Tafoya. Kedatangan Mark berbarengan dengan Michael Aquino asal Filipina yang memang satu pesawat dengannya. Sedangkan Jeff Ooi, blogger asal Malaysia menyusul kemudian. Tepat pukul 1 dini hari Anthony Bianco melengkapi grup blogger asing yang akan mengikuti perjalanan mengelilingi Bali.

Setelah melakukan sarapan bersama, mereka memulai hari pertama dengan melakukan wisata di Bali Bird Park (Taman Burung Bali), yang terletak di Singapadu, Kabupaten Gianyar. Disana mereka berkeliling melihat-lihat koleksi berbagai macam burung yang dipunyai oleh Bali Bird Park itu, apalagi satwa yang tersedia merupakan kumpulan dari berbagai macam belahan dunia. Kelima blogger tersebut nampak antusias, terlebih dengan keanekaragaman burung yang dipunyai oleh Indonesia.

Setelah kurang lebih satu jam berada disana, kelima blogger yang diundang secara khusus oleh Departemen Pariwisata itu melanjutkan perjalanan ke BatuBulan Bali Cultural Village (Desa Budaya BatuBulan). Disini, mereka nampak senang sekali dengan kebudayaan Bali. Saat pertama kali masuk, kelimanya disambut oleh dua penari, di tengah-tengah perjalanan, mereka mencoba belajar memasak panganan khas bali yaitu, klepon. Mark Tafoya yang seorang koki tentu sangat antusias dengan tawaran panitia untuk mencoba membuat klepon khas Bali.

"Wow! Klepon ini sangat enak sekali, rasanya gurih karena campuran kelapa, apalagi rasa manisnya. Klepon is Good," tutur Mark Tafoya saat dihubungi Okezone melalui telepon seluler, Senin (17/11/2008).

Puas mencicipi klepon, kegiatan selanjutnya yang mereka lakukan adalah merangkai sesajen yang biasa digunakan oleh warga Bali dalam bersembahyang, blogger travel asal Australia Antonio Bianco ikut-ikutan merangkai berbagai jenis sesajen dari yang kecil hingga yang besar. Setelah itu, belajar membatik masih menjadi rangkaian di dalam kawasan tersebut, antusias ditunjukkan saat mereka diberi baju khas Bali.

Budaya Bali tidak terlepas dari musik dan tari-tarian, mereka pun disuguhi tarian pendet yang diiring gamelan rancak dari para penabuh. Sesekali, Mark Tafoya dan Michael Aquino mencoba permainan musik sambil menari. Blogger sekaligus politisi asal Malaysia, Jeff Ooi tampak tersenyum sambil mendokumentasikan tingkah polah kedua rekannya itu.

Menjelang siang, rombongan ini pun meluncur ke Garuda Wisnu Kencana (GWK), di sini Ayam Bumbu Madu, dan Bebek Goreng, menjadi sajian utama pada makan siang. Rasa pedas-manis yang ada di Ayam Bumbu Bali menjadikan makanan ini favorit bagi kelimanya. Selesai makan siang, diteruskan dengan berkeliling di kawasan GWK, sambil tidak lupa berfoto-foto.

Tepat pukul 3, Sanur menjadi objek selanjutnya, disini sambil menikmati keindahan pantai mereka ditantang dengan permainan Flying Fish. Tawa lepas dari para blogger itu tampak sekali dari blogger AS, Mark Tafoya.

Selesai berbasah-basahan, Uluwatu menjadi next destination, di Uluwatu mereka akan menonton pargelaran Tari kecak yang terkenal. Meski, diantara kelimanya hanya Mark Tafoya yang baru pertama kali ke sini, secara keseluruhan mereka sangat menikmati keindahan Pulau Dewata yang tiada duanya.

"Saya sangat excited sekali datang ke Bali. I'm Very Happy," tukas Mark sumringah.

Menurut agenda, setelah di Uluwatu, Makan malam akan mereka nikmati di Pantai Jimbaran sambil menunggu turunnya matahari sore. Direncanakan, besok mereka masih berada di Bali dan bertemu dengan Komunitas Blogger di Bali.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini